SOLOPOS.COM - Ornamen dan stupa untuk memeriahkan Hari Raya Waisak 2567 TB/2023 telah terpasang di Balai Kota Solo, Senin (29/5/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Ornamen serta stupa untuk memeriahkan Hari Raya Waisak 2567 TB/2023 telah terpasang di Jl Jenderal Sudirman, Jl Jenderal Urip Sumoharjo, dan Balai Kota Solo, Senin (29/5/2023).

Pantauan Solopos.com, stupa dan umbul-umbul khas Buddhis telah dipasang di sepanjang Jl Jenderal Sudirman, Solo. Stupa dan umbul-umbul itu menjadi perhatian bagi pengguna jalan yang melintas.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Stupa serta instalasi lampu terpasang di Plaza Balai Kota Solo. Belum ada patung Buddha tidur serta patung lima muridnya yang terpasang.

Penyelenggara berencana memasang patung Buddha warna kuning. Patung itu berbahan alumunium dengan panjang sekitar tiga meter.

Sementara itu, Jembatan Kali Pepe, tepatnya di Jl Jenderal Urip Sumoharjo juga sudah berhias instalasi lampu yang mayoritas berwarna kuning. Jembatan itu dihias gapura stupa dengan tulisan Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 TB.

Wakil Ketua Panitia Waisak 2023 Solo, Sunarbawa Irwan Setiawan, menjelaskan Buddhis memasang instalasi lampu, stupa dan patung Buddha 29 Mei sampai 24 Juni 2023. Patung Buddha tidur merupakan salah satu inventaris milik Buddhis di Kota Solo.

“Waisak merupakan tiga peristiwa dalam sehari, Buddha Gautama lahir, Beliau mencapai kesempurnaan, Beliau parinibbana atau wafat dengan posisi tidur,” kata Sunarbawa uang juga anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Solo unsur agama Buddha itu, Kamis (18/5/2023).

Sunarbawa mengatakan umat Buddha berinisiatif memeriahkan Waisak 2023 di Kota Solo dan telah mendapatkan dukungan dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Buddhis pernah menggelar acara di Balai Kota Solo, namun tahun ini yang paling meriah.

Selain berbagai ornamen Buddha, kata dia, ada berbagai atraksi untuk memeriahkan Hari Raya Waisak, yakni pentas seni yang diselenggarakan Pemkot Solo, Kamis sampai Sabtu (1-3/6/2023). Umat Buddha juga menampilkan pentas seni, Minggu (4/6/2023) sore dan Sabtu (17/6/2023).

“Kami menggelar Pindapata, para Bhikkhu berjalan kaki memberikan kesempatan umat untuk berderma berupa makanan, minuman, obat-obatan di sepanjang Jl Jenderal Sudirman sampai halaman Balai Kota Solo,” jelasnya.

Dia mengatakan kegiatan itu berlangsung  Sabtu (10/6/2023) pukul 08.00 WIB dengan melibatkan 10 Bhikkhu,  dua Samanera, 25 Athasilani, dan sembilan Samaneri.

Selanjutnya donor darah di Balai Kota Solo, pada hari yang sama, Sabtu, pukul 11.00 WIB. Festival Seni Anak Buddhis se-Jawa Tengah dan se-Yogyakarta di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Solo pukul 14.00 WIB.

Perayaan bersama Trisuci Waisak di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Solo, Minggu (18/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya