Orang Tua Wajib Tahu! Membacakan Dongeng ke Anak Punya Banyak Manfaat

Melalui dongeng, pemikiran anak menjadi lebih baik, lebih kritis dan cerdas. Anak bisa memahami hal mana yang perlu ditiru dan tidak boleh.

 Ilustrasi ibu mendongeng ke anak (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu mendongeng ke anak (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Membacakan dongeng untuk anak menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang tua. Namun, kini tidak jarang kegiatan itu mulai ditinggalkan.

Padahal, banyak manfaat yang bisa didapatkan anak-anak saat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orang tuanya. Salah satunya, dapat merekatkan hubungan orang tua dan anak.

Sebagaimana dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, menurut psikolog Monica Sulistiawati ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat orang tua mendongeng. Berikut sejumlah manfaat membacakan dongeng untuk anak.

Perkembangan Kognitif

Untuk dapat memperluas pengenalan objek seorang anak, pada saat mendongeng, gunakan alat peraga misalnya buku bergambar. Dengan begitu, anak bisa melihat bentuk dari tokoh yang diceritakan dalam dongeng.

Selain itu, dongeng juga dapat menambah wawasan. Melalui kisah-kisah, anak mendapatkan berbagai informasi. Anak juga dapat mempelajari sebab akibat serta belajar menganalisis.

Baca Juga: Belum Banyak Yang Tahu, Ini 7 Objek Wisata Religi di Sragen yang Layak Dikunjungi

Melalui dongeng juga, pemikiran anak menjadi lebih baik, lebih kritis dan cerdas. Anak juga bisa memahami hal mana yang perlu ditiru dan tidak boleh.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Dari kegiatan mendongeng, kita bisa menyelipkan ajaran norma-norma seperti sosial, agama dan sopan santun. Tidak hanya teori, tapi ajarakan secara langsung bagaimana melakukannya.

“Anak-anak cenderung mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng anak-anak maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan,” jelasnya.

Memperat Ikatan Anak dan Orang Tua

Kesibukan orang tua kerap kali membuat komunikasi anak dan orang tua kurang intensif. Lewat dongeng, orang tua berdekatan secara intim dengan anak, komunikasi efektif pun berjalan dengan baik.

Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Dunia anak adalah dunia imajinasi. Anak memiliki dunia sendiri dan tak jarang mereka berbicara dengan teman khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, orang tua harus bisa mengarahkannya ke arah yang positif dan tetap terkontrol.

Baca Juga: Motor Dinas Ketua RT Colomadu Yang Viral Bikin Iri Ketua RT Di Sukoharjo

Anak yang kurang imajinasi bisa berakibat pada pergaulan yang kurang, sulit bersosialisasi atau beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa

Dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.

Menurut Monica, dari segi perkembangan bahasa, anak yang sering mendengarkan orang tuanya mendongeng maka perkembangan linguistiknya lebih meningkat dibandingkan anak yang tidak pernah didongengkan.

Membangkitkan Minat Baca Anak

Dengan memberikan cerita dongeng pada anak-anak, mereka akan tertarik dan penasaran untuk mencari tahu. Inilah dimana keingian untuk membaca semakin meningkat.

Baca Juga: Keren! Ini Satu-Satunya SMP di Wonogiri yang Punya Program KKO

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Setelah kena PHK saat pandemi Covid-19, masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu stres.

Mengenal Manfaat Natto dari Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

Benarkah Berhubungan Intim Bantu Tidur Lebih Pulas? Ini Penjelasannya

Ada pendapat hubungan intim yang memuaskan bersama pasangan bisa bantu tidur lebih pulas dan mengatasi gangguan tidur, termasuk insomnia.

Sebelum Jadi Korban Gaslighting, Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Gaslighting merupakan salah satu bentuk toxic relationship yang dapat terjadi dalam hubungan.

Viral Warga Tangerang Protes Kompleks Rumah Difoto Google Street View

Khairul Anam mulanya memerinci kronologi awal saat tim Google Street View masuk ke kompleksnya dengan turut serta membawa kamera.