ORANG TERKAYA VERSI FORBES : Mantan PNS Jadi Orang Terkaya Se-Asia

ORANG TERKAYA VERSI FORBES : Mantan PNS Jadi Orang Terkaya Se-Asia

SOLOPOS.COM - Bos Dalian Wanda Group, Wang Jianlin (JIBI/Reuters/Tyrone Siu)

Orang terkaya versi Forbes di Asia kini dinobatkan kepada pengusaha Tiongkok, Wang Jianlin.

Solopos.com, BEIJING – Bos Dalian Wanda Group, Wang Jianlin, akhirnya berhasil menjadi orang terkaya nomor satu di Asia. Dengan harta kekayaan US$36,2 miliar atau setara Rp470 triliun Wang berhasil mengalahkan orang terkaya se-Asia sebelumnya, Li Ka-Shing.

Catatan Forbes, Selasa (12/5/2015), perusahaan Wang bergerak di berbagai macam bisnis dari real estate, pusat perbelanjaan, dan hotel mewah. Saat ini Wang juga menjadi orang terkaya di Tiongkok.

Pada Agustus 2014 lalu, Wang bersama Baidu dan Tencent, mendirikan perusahaan e-commerce bernama Wanda E-Commerce, dan mengumumkan proyek investasi di Beverly Hills, Australia, dan Chicago. Pada Desember 2014, Wang mendapatkan US$3,7 miliar atau sekitar Rp44 triliun dari penjualan saham perusahaannya, bernama Wanda Commercial Properties, di bursa Hong Kong.

Dilansir Detik, Selasa, Wang lahir di Provinsi Sihuan pada 1954, setelah revolusi Komunis. Pada 1970 dia masuk militer hingga 1986 karena orangtuanya adalah anggota tentara Tiongkok. Setelah itu, dia menjadi pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning.

Dari situ, Wang banting setir jadi wirausahawan dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990an. Bisnis Wang sekarang berkembang pesat, tidak hanya di Tiongkok
Tiongkok merupakan negara dengan miliuner terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. Kekayaan Wang di 2015 naik karena harga saham perusahaannya yang melonjak di pasar modal.

Kekayaan Wang mengalahkan harta Li Ka-shing yang mencapai US$ 34,1 miliar. Sejak 2001, posisi orang terkaya nomor satu di Asia dipegang oleh Li Ka-Shing.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.

Dishub Semarang Catat 8 Titik Kemacetan Jelang Lebaran

Larangan mudik tak menyebabkan Semarang bebas macet, bahkan Dishub Kota Semarang mendeteksi adanya delapan titik kemacetan di kota ini.