SOLOPOS.COM - Robert Budi Hartono, Bos Djarum (therichest.org)

Orang terkaya versi Forbes sudah dirilis.

Solopos.com, SOLO – Majalah bisnis yang berbasis di Amerika Serikat, Forbes merilis data terbaru orang terkaya di dunia, termasuk Indonesia. Sebagian besar yang meduduki peringkat teratas adalah wajah-wajah lama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak banyak pengusaha Indonesia yang sukses dari industri teknologi, kebanyakan masih di manufaktur, ritel, dan rokok.

Berikut ini daftar 10 orang terkaya versi seperti dikutip Detik.com dari Forbes, Rabu (2/3/2016):

1. Budi Hartono (75)
Kekayaan Budi tercatat US$8,1 miliar (Rp 105,3 triliun). Bersama dengan kakaknya, Michael, ia menjalankan Grup Djarum yang kini merambah berbagai sektor usaha, salah satu yang paling dikenal adalah Bank BCA. Sementara di peringkat dunia, Budi menduduki peringkat 141 dunia.

2. Michael Hartono (76)
Kekayaan Michael Hartono mencapai US$7,9 miliar (Rp 102,7 triliun). Bersama dengan adiknya, Budi, ia menjalankan Grup Djarum yang kini merambah berbagai sektor usaha, salah satu yang paling dikenal adalah Bank BCA. Ia menempati urutan 146 dunia.

3. Chairul Tanjung (53)
Kekayaan Chairul Tanjung berkisar US$4,9 miliar (Rp 63,7 triliun). Bisnis pria yang akrab disapa CT ini sangat beragam, dari perbankan, media, gaya hidup, hiburan, makanan, hingga perkebunan. Melalui CT Corp ia mengendalikan banyak perusahaan, seperti Trans Corp hingga Trans Fashion. Di dunia ia menduduki peringkat 286.

4. Sri Prakash Lohia (63)
Kekayaan Sri Prakash mencapai US$ 4,2 miliar (Rp 54,6 triliun). Sri adalah pemilik Indorama yang bergerak di sektor petrokimia. Ia ada di peringkat 358 dunia.

5. Bachtiar Karim (59)
Kekayaan Bachtiar mencapai US$ 3,2 miliar (Rp 41,6 triliun). Karim adalah pemilik Musim Mas, salah satu raksasa minyak sawit Indonesia. Ia berada di urutan 527 dunia.

6. Mochtar Riady (86)
Kekayaannya US$ 2,1 miliar (Rp 27,3 triliun). Bos Lippo Group ini sekarang menyerahkan operasional perusahaan ke anaknya, James dan Stephen. Cucunya, John juga sekarang ikut berkiprah memajukan perusahaannya. Di dunia ia menempati urutan 854 dunia.

7. Tahir (63)
Kekayaannya US$ 2 miliar (Rp 26 triliun). Tahir merupakan pemilik Mayapada Group yang punya anak usaha mulai dari Bank Mayapada hingga Mayapada Hospital. Di dunia ia menduduki peringkat 906.

8. Murdaya Poo (75)
Kekayaan US$ 1,9 miliar (Rp 24,7 triliun). Murdaya meraup kekayaan melalui perusahaan miliknya yang bernama Central Cipta Murdaya. Salah satu event yang paling dikenal ia selenggarakan adalah Jakarta International Expo. Di dunia ia peringkat 959.

9. Peter Sondakh (66)
Kekayaannya US$ 1,8 miliar (Rp 23,4 triliun). Perusahaan Peter Sondakh adalah Rajawali Group yang menaungi perusahaan di sektor tambang, perkebunan, hotel, dan transportasi. Di dunia ia peringkat 1.011.

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja (62)
Kekayaannya mencapai US$ 1,6 miliar (Rp 20,8 triliun). Perusahaan yang ia jalankan adalah Elang Mahkota Teknologi yang merupakan induk dari beberapa perusahaan media, seperti SCTV dan com. Ia menempati urutan 1.121 dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya