SOLOPOS.COM - Kahyangan terletak di Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. (JIBI/Solopos/Dok)

Orang hilang Wonogiri, dua orang tewas di objek wisata Khayangan. Mereka terseret arus deras saat ritual kungkum.

Solopos.com, WONOGIRI — Khayangan atau biasa juga disebut oleh warga sekitar Kayangan dan Kahyangan merupakan objek wisata spiritual. Objek wisata ini terletak di Desa Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri. Kamis (24/3/2016), dua orang yang  warga Pacitan ditemukan tewas setelah hilang dua hari. Mereka tewas terseret arus deras saat ritual kungkum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Khayangan juga dikenal dengan wisata air terjun dan batu akiknya. Wisata Wonogiri Khayangan dikenal menjadi tempat tujuan bagi orang yang ingin bermeditasi dan mencari berkah atau disebut ngalab berkah. Di objek wisata ini juga cukup mudah ditemui para pengrajin akik. Batu akik yang ditemukan di Kahyangan dikenal dengan keunikannya.

Video: Kahyangan, Klik di sini

Menurut legenda masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata spiritual Khayangan, kawasan tersebut dulunya merupakan tempat bertapa Panembahan Senapati. Panembahan Senapati sendiri adalah salah satu leluhur Kerajaan Mataram.

Tidak hanya sekadar pertapaan Panembahan Senapati. Kabarnya, tempat spiritual ini bertuah atau menyimpan kekuatan tersendiri sehingga membuat orang yang melakukan meditasi atau bertapa di tempat tersebut akan mendapat berkah.

Kawasan Khayangan ini biasa menjadi tempat tujuan bagi orang yang ingin bermeditasi dan mencari berkah atau disebut ngalab berkah dengan cara semedi, ritual kungkum atau berendam di sungai.

Konon, khusus bagi para wanita yang sengaja membasuh wajahnya dengan air dari sumber mata air di Khayangan, akan awet muda dan cantik.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya