Wong Boyolali Tipu Pembeli Tanah di Sukoharjo, Uang Rp106 Juta Habis untuk Judi

Dengan modus mengaku sebagai perantara penjual tanah, pelaku justru membawa kabur uang milik korbannya untuk berjudi.

 Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan (kiri), bersama pelaku jual beli tanah, S, 60 (tengah) asal Boyolali, yang menipu korban dengan menawarkan tanah di Pucangan, Kartasura. (Istimewa/ Polres Sukoharjo).

SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan (kiri), bersama pelaku jual beli tanah, S, 60 (tengah) asal Boyolali, yang menipu korban dengan menawarkan tanah di Pucangan, Kartasura. (Istimewa/ Polres Sukoharjo).

Solopos.com, SUKOHARJO – Kasus kejahatan penipuan dengan modus mengaku sebagai perantara penjual rumah terjadi di Sukoharjo. Pelaku berinisial S,60, warga dari Mojosongo, Boyolali.

“Korbannya Kusdiyanto, 48, warga Banyudono, Boyolali. Korban melapor setelah merasa tertipu membeli tanah di Pucangan, Kartasura, Sukoharjo,” ujar Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dalam konferensi pers, Kamis (6/10/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kronologi kejadian berawal pada 7 Juli 2020 pukul 10.00 WIB. Kala itu, korban berniat membeli tanah kaveling di Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Pelaku menawarkan sesuai sertifikat hak milik (SHM) No. 07714 atas nama Hajjah Susilowati seluas 136 meter persegi seharga Rp106 juta.

Karena tidak cukup uang, korban membayar kurang lebih setengahnya yakni Rp56 juta dan pelaku membolehkan. Pelaku kemudian mengajak korban ke Notaris PPAT beralamat di Pasar Bumirejo, No.7, Jembangan, Pabelan, Kartasura. Korban menyerahkan kartu keluarga (KK) dan KTP serta menandatangani blangko kosong dengan alasan titip tanda tangan.

Selang 1 pekan setelah ke notaris, pelaku S datang ke rumah korban untuk meminta membayar sejumlah uang sesuai kesepakatan. Korban juga telah mengangsur sejumlah uang hingga ia telah menyerahkan total senilai Rp96,5 juta.

Baca Juga: Lengkap dan Nyaman, Ini Daftar Hotel di Dekat Stasiun Gawok Sukoharjo

“Akan tetapi setelah korban membayar dan ingin melunasi, pelaku S sulit ditemui dan tidak bisa dihubungi. Detiap ditanya tentang kejelasan, pelaku S selalu beralasan. Sehingga korban lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polres Sukoharjo guna proses hukum lebih lanjut,” kata AKBP Wahyu Nugroho.

Menindak lanjuti laporan tersebut, petugas kemudian melakukan serangkaian penyelidikan serta memanggil S namun pelaku tidak hadir memenuhi panggilan tanpa alasan yang jelas. Petugas kemudian menangkap pelaku. Kepada polisi, pelaku mengakui perbuatannya.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku mengaku sebagai perantara untuk menjualkan tanah milik seseorang. Di mana hasil dari penipuan tersebut digunakan pelaku untuk berjudi.

Baca Juga: Omzet Anjlok, Pemilik Toko Dekat Jembatan Mojo Solo Ingin Proyek Cepat Kelar

Atas perbuatannya tersebut, pelaku disangkakan dengan pasal dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 dan atau Pasal 372 dari KUH Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Gelar Pengajian, PSHW Sragen juga Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Ribuan warga Persaudaraan Setia Hati Winongo atau PSHW Sragen mengikuti pengajian dan doa bersama memperingati haul pendirinya, Ki Ngabehi Suro Diwiryo.

      Konser Dewa 19 Ditonton 9.815 Orang, Pajak Masuk ke Pemkot Solo Rp400 Juta

      Pemkot Solo diperkirakan akan memperoleh pendapatan sekitar Rp400 juta dari pajak hiburan penyelenggaraan Konser Dewa 19 di Edutorium UMS yang ditonton 9.815 orang.

      Sambut Pernikahan Kaesang di Solo, Warga Papua Berharap Bisa Ikut Isi Acara

      Sejumlah dari Kabupaten Asmat, Papua, menampilkan atraksi di CFD Solo untuk mangayubagya pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

      Hampir Semua Rumah Satu RW di Joton Klaten akan Tergusur Proyek Tol Solo-Jogja

      Hampir semua rumah satu wilayah RW di Desa Joton, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten akan tergusur proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja.

      Jika Solo Jadi Ibu Kota Provinsi Soloraya, Maka...

      Jika Kota Solo menjadi ibu kota provinsi baru, yaitu Soloraya, sektor perekonomian akan terus bergerak maju yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

      Ini Keunggulan Desa Conto Wonogiri yang Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat desa wisata terbaik di Jateng 2022 kategori Sapta Pesona dan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau CHSE.

      Quick Response 110 Polres Sukoharjo Selamatkan Pemuda yang Nyaris Bunuh Diri

      Percobaan bunuh diri seorang pemuda di tempat indekos wilayah Kartasura berhasil digagalkan setelah rekan korban melapor ke call center 110 Polres Sukoharjo.

      Puluhan Penyandang Disabilitas Boyolali Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Puluhan penyandang disabilitas di lereng Gunung Merbabu menggelar doa bersama sekaligus galang dana bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Siap-Siap! Lokananta Solo Segera Bertransformasi Jadi Creative & Commercial Hub

      PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai anggota Holding Danareksa siap mentransformasikan Lokananta Solo menjadi Creative and Commercial Hub.

      Unik! Pemilihan Ketua RT dan RW di Bareng Klaten Dilakukan secara Online

      Pemilihan ketua RT dan RW di RW 004, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Minggu (27/11/2022) digelar secara online atau memanfaatkan teknologi informasi.

      Film Pendek, Pidato Inggris dan Arab Sumbang Emas Jateng di Pospenas IX Solo

      Tiga cabang perlombaan yakni film pendek, lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab menyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di Pospenas IX 2022 di Solo, 23-27 November 2022.

      Granat Unwidha-Pengamen di Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Sukarelawan Granat Unwidha Klaten bersama pengamen angklung jalanan Putra Pangestu menggelar aksi penggalangan dana pada Minggu (27/11/2022).

      Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

      Destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang meraih Juara I pada kategori dataran tinggi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

      Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

      Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

      Bantu Korban Gempa Cianjur, Puluhan Seniman Reog Ponorogo Pentas di CFD Solo

      Puluhan seniman Reog Ponorogo mengadakan pementasan dan aksi galang dana di CFD Jl Slamet Riyadi Solo untuk bantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.