SOLOPOS.COM - Kartu SIM (Wisegeek.com)

Operator selular akan memakai cara baru untuk melakukan registrasi kartu prabayar.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memastikan bahwa registrasi kartu SIM prabayar akan berlaku mulai 15 Desember mendatang.  Artinya. registrasi tak akan lagi dilakukan sendiri oleh pelanggan, melainkan oleh pemilik outlet.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dengan dimulainya registrasi prabayar itu, ada beberapa perubahan tata cara yang akan dilakukan. Salah satunya soal registrasi data pribadi lewat SMS ke 4444.

“Saya berharap semua registrasinya di tempat. Jangan sampai beli kartunya di Jakarta, tapi baru diaktifkan di luar Jakarta. Saya ingin registrasi prabayar kali ini benar-benar diperhatikan,” tegas menteri di sela Hackathon Merdeka 2.0 di Kaffeine, SCBD, Jakarta, Senin (19/10/2015), seperti dilansir Detik.

Registrasi prabayar ?tahap kedua rencananya akan digeber mulai 15 Desember 2015 nanti. Agar tak lagi gagal seperti program tahap awal, sejumlah perbaikan proses ?registrasi pun tengah didiskusikan oleh Kementerian Kominfo dan seluruh operator telekomunikasi.

“Saat aturan baru berjalan [per 15 Desember], cara lama [ke 4444] sudah tak lagi berlaku,” ujar Alexander Rusli, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), saat ditemui di lain kesempatan.

Dia menjelaskan nantinya pemilik outlet (retail outlet/RO) wajib memiliki identitas (ID) yang diberikan operator. Dengan demikian, RO yang tak memiliki ID, tak dapat melakukan registrasi kepada pelanggan.

Alex yang juga Presiden Direktur & CEO Indosat, mengaku bahwa sistem teknologi informasi (IT) untuk registrasi pelanggan Indosat, sudah siap. Saat ini, Indosat memiliki 160 ribu RO yang seluruhnya telah dilengkapi ID.

“Kita semua sudah siap. Kita berjalan sebagai kesatuan industri, tak hanya Indosat saja. Kesiapannya sudah kita lakukan bersama. Persiapan sudah sejak satu setengah tahun lalu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya