SOLOPOS.COM - Layanan VoLTE Smartfren (Okezone)

Operator seluler Smartfren akan merilis layanan VoLTE dalam waktu dekat.

Solopos.com, JAKARTA — Operator seluler lokal, Smartfren, dalam waktu dekat akan meluncurkan layanan telepon berbasis long term evolution (LTE) atau disebut dengan Voice over LTE (VoLTE).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dilansir Detik, Rabu (17/2/2016), guna mendukung layanan VoLTE, operator seluler yang juga anak perusahaan grup Sinar Mas itu telah menyiapkan smartphone dengan banderol harga yang menarik.

Seperti diketahui, untuk bisa menikmati layanan panggilan suara VoLTE sejatinya konsumen membutuhkan perangkat yang mendukung atau sudah tertanam chipset yang support LTE kategori 4 (Cat 4) dan kategori 6 (Cat 6). Semua itu bisa dibeli dengan merogoh kocek yang cukup lumayan.

“Ada tiga komponen utama di VoLTE, yakni jaringan, perangkat, dan kartu SIM. Nah, Smartfren di sini berusaha untuk memenuhi tiga komponen tadi, salah satunya dengan menghadirkan perangkat yang mendukung tapi dengan harga yang terjangkau,” tutur , Division Head Smartphone Business at PT Smartfren Telecom, Sukaca Purwokardjono, di Penang Bistro, Jakarta.

Smartphone terbaru VoLTE Smartfren yang akan diluncurkan Andromax E2 dan R2. Dua perangkat terbaru Andromax itu diklaim hadir dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, Sukaca enggan mengatakan berapan tepatnya harga yang bakal dibanderol.

Namun, apabila mengacu dari rumor yang beredar, Andromax E2 akan dilepas dengan harga di bawah Rp1 juta. Sementara Andromax R2 punya kisaran harga di bawah Rp2 juta dengan chipset Snapdragon 615 milik Qualcomm.

VoLTE menjadi layanan terbaru Smartfren di tahun 2016. Tujuannya tak lain untuk memberikan pengalaman menarik dalam menggunakan 4G LTE kepada konsumen.

Dengan menggunakan VoLTE panggilan telepon bisa dilakukan dengan suara yang jernih. Selain itu, ini juga menjadi senjata Smartfren dalam meningkatkan pertumbuhan pelanggan 4G Smartfren.

Cara Gunakan VoLTE

Demo layanan VoLTE ini dilakukan dengan menggunakan Andromax 4G series R2 dan E2 yang sudah mendukung VoLTE. “Kami menguji layanan ini dengan cacatan harus LTE only, dan itu memang menjadi syarat bagi smartphone yang sudah mendukung layanan VoLTE,” ujarnya, seperti dilansir Okezone, Rabu.

Pria yang kerap disapa Sukoco itu menjelaskan, cara menggunakan layanan VoLTE semudah menelepon biasa. Sebab dua perangkat yang digunakan harus sudah berjalan pada jaringan koneksi LTE.

“Begitu akan melakukan panggilan telepon maka akan langsung di arahkan ke VoLTE. Begitu juga saat menerima panggilan. Di mana ketika mendengarkan suara begitu jernih, dan tidak terputus-putus dan delay karena layanan kami memiliki jalur khusus,” jelasnya.

Kata Sukoco, layanan VoLTE ini bisa juga melakukan telepon dari handset VoLTE ke nomor CDMA/GSM meski belum mendukung VoLTE cuma suaranya tidak sejernih dan semulus ke sesama perangkat yang telah mendukung VoLTE.

“Sebab jaringan Smarfren kami memiliki perangkat yang mampu mengonversi suara VoLTE berbasis IP, ke jaringan miliki operator lain namun yang masih jalur voice biasa,” tuturnya.

Tidak hanya di situ saja, lanjut dia teknologi VoLTE juga menyediakan layanan Video Call, ketika pengguna sedang menelepon suara. Pengguna bisa melakukan Video Call dan terlihat tampilan Video saat dicoba juga kualitasnya terlihat baik, suara jernih dan tidak delay atau ngadat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya