OPERATOR SELULER : Ini Sebab Jaringan XL Axiata Error Seharian

OPERATOR SELULER : Ini Sebab Jaringan XL Axiata Error Seharian

SOLOPOS.COM - Logo XL Axiata. (JIBI/Semarangpos/Istimewa)

Operator seluler, XL Axiata, mengalami permasalahan di Semarang dan sekitarnya.

Solopos.com, SEMARANG — Jaringan operator seluler, XL Axiata, mengalami masalah pada Sabtu (10/2/2018). Koneksi Internet XL Axiata tak bisa digunakan sejak Sabtu dini hari hingga malam hari.

Seorang pelanggan XL Axiata, Tunggul Kumoro Jati, menyebutkan permasalahan jaringan itu terjadi sejak Sabtu pukul 03.00 WIB. "Hingga petang ini enggak bisa digunakan Internet-nya. Tapi, kalau untuk WA [Whatsapps messenger] bisa," beber Tunggul saat berbincang dengan Semarangpos.com di Semarang, Sabtu.

Terkait permasalahan ini, GM XL Axiata Sales Central Java-DIY, Arif Farhan Budiyanto, angkat bicara. Ia menyebutkan tersendatnya jaringan XL Axiata itu terjadi karena adanya beberapa fiber optic yang rusak akibat banjir.

"Terkait dengan laporan terjadinya kendala pada akses Internet XL Axiata, kami mohon maaf kepada para pelanggan di wilayah Semarang dan sekitarnya. Memang sedang ada masalah teknis, karena memang saat ini di Semarang sedang dilanda banjir di beberapa titik yang juga berefek pada layanan jaringan kami. Saat ini kami sedang melakukan pengecekan secara menyeluruh dan berusaha mengatasinya," tulis Arif dalam keterangan resmi melalui aplikasi WA kepada Solopos.com, Sabtu.

Pernyataan senada juga diungkapkan Marketing Communication (Marcom) XL Axiata Regional Semarang, Citra Juwita. "Sedang ada kendala di bagian fiber optic di tiga titik area yang menyebabkan sinyal XL blank," ujar Citra kepada Semarangpos.com.

Citra menyebutkan tiga titik area yang sinyal XL-nya blank itu, yakni Semarang, Kebumen, dan Purworejo. "Semarang fiber optic rusak karena rob. Kalau yang Prembun [Kebumen] karena ada proyek rel kereta api," tutur Citra.

Citra menyebutkan akibat kerusakan itu sinyal 3G maupun 4G XL Axiata untuk sementara waktu tidak bisa menerima panggilan, akses data Internet maupun video call. "Kami akan melakukan perbaikan secepatnya. Para teknisi sudah kami terjunkan untuk melakukan perbaikan," beber Citra.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.