SOLOPOS.COM - Seorang gadis Israel berlari kala mendengar sirene tanda datangnya roket di selatan kota Ashkelon, Selasa (8/7/2014). (JIBI/Solopos/Reuters/ Amir Cohen)

Solopos.com, GAZA — Serangan militer yang dilancarkan Israel ke Kota Gaza, wilayah Palestina, Selasa (8/7 /2014), dilaporkan telah menewaskan 15 orang. Setidaknya 100 orang lainnya terluka.

Pernyataan yang dilansir badan penanganan darurat setempat itu dikutip Kantor Berita Antara dari AFP, Rabu (9/7/2014). Insiden tersebut terjadi di saat militer Israel mulai melancarkan serangan udara terhadap gerilyawan-gerilyawan di Jalur Gaza.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam serangan terburuk, sebuah peluru kendali menembus rumah di kota selatan Khan Yunis setelah orang-orang dilaporkan membentuk tameng manusia sebagai perlindungan. Serangan itu menewaskan tujuh orang.

Juru bicara badan pelayanan darurat Ashraf al-Qudra mengatakan kepada AFP yang juga dikutip Antara, dua remaja ikut menjadi korban meninggal dunia, sementara itu 25 orang mengalami luka-luka. Para saksi mata mengatakan sebuah pesawat Israel menembakkan sinar, membuat keluarga-keluarga dan tetangga berkumpul di rumah sebagai tameng dan, tidak lama kemudian, sebuah pesawat tempur F-16 menembakkan peluru kendali hingga meruntuhkan bangunan tersebut.

Sebagai balasan, Hamas mengatakan semua orang Israel akan menjadi target potensial pembalasan. “Pembunuhan massal Khan Yunis terhadap anak-anak adalah kejahatan perang yang mengerikan, dan semua orang Israel saat ini menjadi target yang sah bagi pembalasan,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri melalui akun Facebook-nya.

Tak lama setelah serangan F-16 atas sebuah rumah itu, lanjut Qudra, dua warga Palestina kembali terbunuh dalam sebuah serangan udara di Shejaiya, di sebelah timur Kota Gaza. Satu serangan mengenai sebuah bajaj di Beit Lahiya di Gaza utara sehingga menewaskan seorang pemuda dan satu serangan di Kota Gaza barat membuat seorang pemuda berusia 16 tahun kehilangan nyawa.

Sebelumnya, tiga orang tewas ketika sebuah peluru kendali mengenai sebuah mobil di perumahan Daraj di pusat Kota Gaza. Dalam serangan terpisah di dekat kamp pengungsi Nusseirat di Gaza pusat, seorang pria juga terbunuh. Sementara itu, seorang sumber di badan keamanan Israel mengungkapkan tentara menembak mati empat pria dari sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine Al-Qassam, di pantai Israel setelah mereka menyusup tidak jauh dari perbatasan Gaza.

Jatuhnya korban jiwa dan terluka itu terjadi setelah Israel mengumumkan dimulainya Operation Protective Edge yang ditujukan untuk menghancurkan roket-roket yang ditembakkan ke arah Israel selatan dan infrastruktur militer Hamas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya