SOLOPOS.COM - Petugas kepolisian Bantul merazia sejumlah kendaraan bermotor pada Rabu (1/11/2017) dalam Operasi Zebra Progo 2017. (Istimewa/Humas Polres Bantul)

Operasi Zebra 2017 menemukan belasan ribu pelanggaran berkendara.

Harianjogja.com, SLEMAN— Hingga hari kelima pelaksanaan Operasi Progo Zebra 2017, sebanyak 12.339 tilang sudah dilayangkan petugas. Ketidaklengkapan surat kendaraan merupakan  pelanggaran yang paling banyak ditemukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Usman Latif mengatakan selain tilang dilayangkan pula sebanyak 4.584 teguran untuk pelanggaran yang sifatnya ringan. “ Hasilnya sekitar 12.000 tilang yang kebanyakan pelanggarannya kasat mata, surat-surat, helm, dan lawan arus sesuai TO [target operasi],” ujarnya ditemui di Mapolda DIY pada Senin (6/10/2017). Sebagian besar pelanggaran dilakukan oleh pengguna kendaraan roda dua.

Ekspedisi Mudik 2024

Dirlantas mengatakan jika secara keseluruhan diharapkan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas meningkat karena penindakan serupa akan terus dilakukan di luar operasi yang dijalankan selama dua pekan ini. Dalam pelaksanaannya juga, terjadi satu kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan satu korban jiwa di Gunungkidul.

Ia juga menyinggung mengenai hoaks adanya broadcast yang menyebar di masyarakat mengenai titik lokasi pelaksanaan operasi ini. Ditegaskannya jika sumber informasi tersebut bukan berasal dari kepolisian.

Broadcast yang jelas bukan dari saya tapi saya ilhami membantu orang jadi tertib saja,” katanya. Meski demikian, ia menambahkan jika informasi serupa yang berasal dari TMC dipastikan valid dan resmi adanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya