SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Aparat Satlantas Polresta Solo mencatat ada 5.051 bukti pelanggaran (tilang) diberikan kepada pengguna jalan yang kedapatan melanggar tata tertib lalu lintas di Solo selama Operasi Zebra Candi sejak 28 Oktober hingga 11 November lalu. Pelanggar didominasi oleh pengendara motor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasar data yang diperoleh Solopos.com dari Satlantas, Rabu (12/12/2012), selama pelaksanaan operasi itu polisi menindak 15.281 pelanggar baik pengendara motor maupun pengemudi mobil. Penindakan dibagi menjadi dua, yakni penindakan dengan teguran secara tertulis dan penindakan dengan memberikan tilang. Penindakan dengan tilang dilakukan kepada pelanggar sebanyak 5.051 tilang. Sedangkan teguran yang diberikan kepada pelanggar tercatat ada 10.230 teguran. Dari data itu pelanggaran dilakukan didominasi oleh pengendara motor.

Ekspedisi Mudik 2024

Penindakan baik dengan tilang maupun teguran tersebut meningkat tajam jika dibandingkan dengan hasil operasi harian selama 14 hari sebelum dilaksanakan Operasi Zebra Candi. Penindakan dengan tilang 14 hari sebelum operasi tercatat ada 1.248 tilang. Sedangkan teguran diberikan kepada pelanggar sebanyak 1.500 teguran.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Matrius, saat dihubungi mengungkapkan pencapaian selama operasi itu membuktikan bahwa petugas di lapangan bertugas maksimal. Selain itu, banyaknya pelanggar yang ditindak membuktikan pula bahwa kesadaran pengguna jalan perlu ditingkatkan demi terciptanya ketertiban, keselamatan dan kenyamanan berlalu lintas.

“Setelah operasi ini usai bukan berarti penertiban di jalan berhenti. Kami terus akan menjaga ketertiban berlalu lintas di jalan Kota Solo ini,” terang Matrius mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in.

Dikatakannya, petugas mengedepankan upaya preemtif dan preventif dalam melaksanakan penertiban lalu lintas. Upaya itu dengan cara memberikan penyuluhan, penerangan dan pendidikan berlalu lintas kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya