Operasi Zebra Candi 2022 di Sragen Mulai Digelar, Polisi Dilarang Razia

Operasi zebra ini tidak berorientasi pada tilang dan dilarang melakukan razia, tetapi lebih mengedepankan edukatif, persuasif, penegakan hukum secara elektronik, dan teguran simpatik.

 Para aparat Satlantas Polres Sragen mengikuti apel gelar pasukan Operasi zebra Candi 2022 di Lapangan Mapolres Sragen, Senin (3/10/2022). (Istimewa/Humas Polres Sragen)

SOLOPOS.COM - Para aparat Satlantas Polres Sragen mengikuti apel gelar pasukan Operasi zebra Candi 2022 di Lapangan Mapolres Sragen, Senin (3/10/2022). (Istimewa/Humas Polres Sragen)

Solopos.com, SRAGEN–Operasi Zebra Candi 2022 dimulai Senin (3/10/2022) yang ditandai dengan gelar pasukan di Lapangan Mapolres Sragen.

Dalam operasi zebra ini tidak berorientasi pada tilang dan dilarang melakukan razia, tetapi lebih mengedepankan edukatif, persuasif, penegakan hukum secara elektronik, dan teguran simpatik.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Penjelasan itu diungkapkan Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama saat menjadi inspektur dalam apel gelar pasukan. Dalam kesempatan apel yang melibatkan ratusan personel itu Kapolres mengajak seluruh peserta apel untuk mendoakan para korban kerusuhan sepakbola di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang meninggal dan yang sakit sekarsng masih 189 orang supaya segera sembuh.

Dia mengatakan semoga kejadian di Malang itu, kata dia, menjadi peristiwa terakhir yang mencederai dunia sepakbola.

Piter menyitir data dalam sambutan Kapolda Jateng yang menyebut angka lakalantas di Jateng selama Operasi Zebra 2021 lalu mencapai 605 kejadian dengan 31 orang korban meninggal dunia.

Dia menjelaskan angka tersebut naik bila dibandingkan data lakalantas pada Operasi zebra 2020 lalu, yakni sebanyak 380 kejadian dengan 26 orang korban meninggal dunia.

“Untuk menekan angka lakalantas itu diperlukan adanya tindakan pencegahan dsnhan menciptakan situasi yang kondusif dan memberdayakan seluruh stakeholders. Operasi zebra ini tidak berorientasi pada tilang tetapi lebih mengedepankan edukatif dan persuasif. Dalam penegakan hukumnya dilakukan secara elektronik dan teguran simpatik,” ujar Kapolres kepada wartawan, Senin.

Kapolres mengingat tetap menerapkan protokol kesehatan dan memerintahkan untuk patuh dan pembinaan agar taat aturan lalu lintas, seperti pemasangan spanduk atau baliho sosialisasi, kampanye keselamatan lalu lintas, bakti sosial, atau pelayanan kepolisian untuk meningkatkan simpatik masyarakat kepada Polri.

“Selama operasi zebra itu dilarang razia yang tidak simpatik. Sosialisasi cara aman untuk berlalu lintas. Supaya hal ini supaya dipedomani,” ujarnya.

Kapokres berpesan supaya seluruh anggotanya selalu bertakwa selama bertugas dan menjaga keselamatan dalam bertugas dan bebas KKN sehingga masyarakat tertib dan patuh hukum.

Selain itu, Piter meminta selama bertugas harus profesional dan hukanis dengan 3S (senyum, sapa, dan salam) namun tegas dalam tindakan kepolisian.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Premi BPJS Ketenagakerjaan 100 Pekerja/Desa di Sragen Jadi Tanggungan Pemkan

      Pemkab diminta menanggung biaya premi asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di desa, termasuk ketua RT dan RW.

      Wuih, Gibran Disebut Perankan Sosok Robin Hood Modern

      Apa yang dilakukan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dengan aktif merespons aduan dari masyarakat, baik dari warga Solo maupun luar Solo melalui akun Twitter-nya, dinilai sebagai bentuk kepedulian ala Robin Hood di era modern.

      Hujan Deras Berjam-Jam Picu Banjir di Pracimantoro Wonogiri

      Hujan deras yang berlangsung pagi hingga sore memicu terjadinya bencana banjir di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Selasa (29/11/2022).

      Intip Sajian Makanan di Pernikahan Kaesang-Erina, Ada yang Modern dan Kekinian!

      Beragam menu makanan modern dan kekinian bakal dihidangkan saat pesta tasyakuran pernikahan Kaesang Pangareo-Erina Sofia Gudono di Pendapa Agung Pura Mangkunegaran pada Desember mendatang.

      Warga Bumiharjo Wonogiri Bersihkan Material Longsor di Rumah Milik Eksodan Aceh

      Puluhan warga Dusun Mengger, Desa Bumiharjo, Kecamatan Giriwoyo, bergotong royong membersihkan material longsor yang menimpa dapur rumah unggul sistem panel instan (Ruspin) milik salah satu warga eksodan asal Aceh.

      PMI dan DPP Sukoharjo Gencar Pasang Eartag Pada Sapi, Ini Wilayah Sasarannya

      Palang Merah Indonesia (PMI) Sukoharjo menggelar promosi kesehatan dan pemasangan eartag pada sapi yang telah divaksinasi penyakit dan mulut (PMK). 

      Warga Sragen Jadi Penumpang Helikopter P-1103 yang Hilang di Perairan Belitung

      Salah satu korban helikopter polisi hilang di perairan Belitung Timur adalah warga Desa Sunggingan, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Namanya Aipda Joko Mudo.

      Acara Perdana Sukses, Balon Udara Kemuning Karanganyar Bakal Ada Lagi

      Kepala Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar memastikan akan menggelar lagi festival balon udara tahun depan setelah sukses pada acara perdana 19-20 November 2022 lalu.

      Jalan Menuju Goa Resi Wonogiri Retak Sepanjang 20 Meter, Mobil Dilarang Lewat

      Jalan menuju gerbang masuk objek wisata Goa Resi di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri mengalami keretakan sekitar 20 meter sejak, Senin (28/11/2022) sore.

      Kaesang-Erina Ziarah ke Makam Raja Mangkunegara, Juru Kunci: Minta Izin Resepsi

      Juru Kunci Astana Girilayu menyebut kedatangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono untuk meminta izin untuk melangsungkan resepsi pernikahan.

      Dukung Program Kantin Cumi, Pengantin di Karanganom Klaten Tebar Ikan di Sungai

      Pasangan pengantin asal Karanganom, Muhammad Fajar dan Mutiara Indah menyebar 500 benih ikan di sungai di depan KUA Karanganom, Senin (28/11/2022).

      Tips Petani Muda Sukses: Niat Dahulu, Nekat Kemudian

      Petani muda dari kalangan milenial menggeliat di tengah isu krisis pangan dan membagikan tips sukses menjadi petani, salah satunya memulai dengan niat, baru kemudian nekat.

      Sesuaikan Survei KHL, Serikat Pekerja di Boyolali Tetap Usulkan UMK Rp3 Jutaan

      Dewan Perwakilan Daerah Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (DPD FKSPN) Boyolali mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) Boyolali sesuai survei kebutuhan hidup layak (KHL) di Kota Susu yakni Rp3.087.000 

      Kronologi Mobil Nyungsep di Saluran Irigasi Sukoharjo Gegara Google Maps

      Kronologi laka tunggal mobil  masuk saluran irigasi Bengawan Solo di Dukuh Kenteng, Desa Dukuh, Mojolaban, Sukoharjo karena menggunakan petunjuk arah dengan Google Maps.

      Rahasia Pindang Kambing Mbah Sinem Wonogiri Sering Ludes dalam Waktu 2 Jam

      Pindang Kambing Mbah Sinem telah menjelma menjadi kuliner khas di Wonogiri.

      Fenomena Efek Wali Kota Gibran, Warga Luar Solo Ramai-Ramai Sambat

      Fenomena Gibran effect diprediksi bisa kian meluas spektrumnya, tidak hanya di Soloraya.