Operasi Zebra Candi 2020, Tidak Ada Cegatan Besar di Klaten, Tapi...
Ilustrasi razia sepeda motor. (Solopos-dok)

Solopos.com, KLATEN – Satlantas Polres Klaten tidak akan melakukan cegatan kendaraan selama Operasi Zebra Candi 2020 digelar mulai 26 Oktober 2020 sampai 8 November 2020.

Sebaliknya, Satlantas Polres Klaten lebih mengutamakan pendekatan pre-emtif dan preventif selama Operasi Candi 2020.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan Operasi Zebra Candi 2020 jauh berbeda dengan operasi serupa di tahun-tahun sebelumnya.

Soloraya Masih Zona Oranye Covid-19, Ingat Pandemi Tak Kenal Libur

Hal itu disebabkan pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga, anggota Satlantas Polres Klaten juga harus menaati protokol pencegahan Covid-19, salah satunya mencegah terjadinya kerumunan. Itulah sebabnya Satlantas Polres Klaten tidak menggelar cegatan berskala besar.

"Di Operasi Zebra Candi 2020 tak ada operasi di satu tempat yang melibatkan beberapa anggota [tidak ada cegatan]. Kalau dilakukan di satu tempat seperti itu, takutnya justru menimbulkan kerumunan. Yang kami lakukan lebih ke pendekatan humanis dan sosialisasi. Penindakan tegas berupa penilangan tetap dilakukan, tapi dengan sistem hunting," kata AKP Bobby Anugrah Rachman, saat ditemui wartawan di Mapolres Klaten, Rabu (28/10/2020).

AKP Bobby Anugrah Rachman mengatakan penilangan dilakukan anggota polisi terhadap para pengendara kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas secara kasat mata. Seperti melawan arus lalu lintas, tidak memakai helm bagi pengendara roda dua, dan lainnya.

"Hingga hari ketiga pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2020, kami sudah melakukan penilangan terhadap 50-an orang. Para pengendara kendaraan yang ditilang itu didominasi melanggar arus lalu lintas di Jl. Pemuda Klaten dan tidak menggunakan helm bagi pengendara roda dua," katanya.

Rentetan Adegan Pembunuhan Yulia di Sukoharjo: Total Ada 7 TKP

AKP Bobby Anugrah Rachman mengatakan fokus para anggota polisi selama menjalankan Operasi Zebra Candi 2020 juga terkait dengan mengedukasi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Tak heran, polisi pun memberikan berbagai penyuluhan ke masyarakat terkait pentingnya menaati protokol pencegahan Covid-19. Mulai dari kewajiban memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rutin mencuci tangan memakai sabun.

"Mari, sama-sama mencegah persebaran virus corona," katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom