SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

 

WONOSARI-Jajaran petugas dari Polres Gunungkidul, Komando Distrik Militer, Pemkab Gunungkidul dan beberapa instansi sekolah menggelar Operasi Simpatik Progo 2013, di Lapangan Alun-Alun Wonosari, Senin (6/5/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Petugas akan lebih menitik beratkan operasi simpatik ini di lokasi-lokasi menuju objek wisata di Gunungkidul.

“kita lebih fokuskan jalur menuju objekwisata,” kata Kapolres Gunungkidul AKBP Ihsan Amin.

Operasi simpatik, lanjut Ihsan, serentak digelar seluruh kepolisian di berbagai daerah indonesia, 6-27 Mei. Adapun komposisi dari operasi itu 80 persen mengedepankan tindakan preventif dan persuasi, sedangkan sisanya berupa penegakan hukum.

“Target operasi ini terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, lancar, dengan indikator jumlah kecelakaan menurun, dengan cara yang simpatik” katanya.

Sementara data laka lantas tahun 2013 hingga bulan April ini mencapai  105 kejadian. Dari angka tersebut, 6 orang meninggal dunia, 10 luka berat, 106 luka ringan, dan kerugian materi Rp97 juta. Adapun korban terbanyak pada usia produktif antara 20-40 tahun.

Ihsan mengajak kepada semua lapisan masyarakat, para pemangku kepentingan wilayah untuk bersama-sama membantu menjaga kemanan berlalu lintas.

“Polri tidak mampu berbuat banyak tanpa bantuan masyarakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya