Operasi Pasar Murah, Kementan: Stok Aman & Jangan Panic Buying
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau pasar murah di Jakarta, Kamis (19/3/2020). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Dalam operasi pasar murah yang digelar Kementerian Pertanian (Kementan), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan stok pangan bahan pokok saat ini masih dalam jumlah aman. Mentan mengimbau masyarakat tidak perlu melakukan panic buying.

Jubir Penanganan Corona Indonesia: Vaksin Corona Belum Ditemukan

Hal itu dinyatakan Mentan saat menggelar operasi pasar murah di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Mentan menegaskan Kementan bersama para mitra saling bekerja sama menyediakan stok bahan pangan di pasar. Ia juga mengajak para pengusaha turun tangan dalam menjaga stabilisasi harga.

3 Terminal Bus Dan Angkutan Sukoharjo Disemprot Disinfektan

“Saya sampaikan sesuai dengan hitungan yang sudah kami lakukan Insya Allah 11 kebutuhan bahan pangan dasar cukup tersedia asal masyarakat jangan panic buying," kata Syahrul, sebagaimana rilis Kepada Solopos.com, Kamis (19/3/2020).

Mentan menjelaskan pasar murah itu dilakukan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat jika stok bahan pokok kebutuhan dasar masih aman. Tak hanya di Jakarta, pasar murah juga akan digelar di daerah-daerah lain luar Jakarta.

Mahasiswa UMS Ditangkap Karena Kritik Jokowi di Medsos, Humas: Sudah 2 Tahun Tidak Ngampus

“Hari ini di DKI Jakarta kami gelar pasar murah namun jangan beli berlebihan. Karena jika kita makan gula berlebihan, juga akan berdampak sakit gula," ujar Mentan Syahrul.

Pasar Murah

Bukan Mobil, BMW Kenalkan Produk Baru di Italia saat Lockdown

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengungkapkan pasar murah Kementan di DKI Jakarta akan dilakukan di 49 pasar. Namun, pada Kamis, pasar murah Kementan baru digelar di 10 pasar terlebih dahulu.

Dalam operasi pasar itu, ada tiga bahan pokok dasar dijual dengan harga murah yakni gula dengan kuota dua ton dijual Rp12.500 per kilogram. Selain itu, beras sebanyak 2 ton dijual Rp8.500 per kilogram. Terakhir, telur sebanyak 2,5 ton dengan harga Rp23.000 per kilogram.

Pelayanan Dispendukcapil Sragen Berubah, KTP dan KK Dilayani Online Mulai Senin 23 Maret

“Insya Allah dengan operasi pasar ini, kami akan bisa mengendalikan harga khusunya harga gula pasir, telur, dan beras. Saya berterima kasih semua berkat kerja keras kita semua," ujar Agung.

Kecelakaan Maut Klaten: 2 Motor Senggolan di Karanganom, Warga Jatinom Meninggal

Pada Kamis, pasar murah yang digelar Kementan itu dilaksanakan di Pasar Kalideres, Pasar Baru Metro, Pasar Kalibaru, Pasar Tanah Abang, Pasar Gondangdia, Pasar Pluit, Pasar Glodok, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawa Badak, Pasar Johar Baru dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho