SOLOPOS.COM - Sejumlah pasien warga kurang mampu sedang dioperasi katarak di RS UGM, Minggu (15/5/2016). (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)

Operasi katarak gratis dilakukan di RS UGM

Harianjogja.com, SLEMAN- Sebanyak 80 orang warga kurang mampu mengikuti operasi katarak di RS UGM, Minggu (15/5/2016). Kegiatan yang digelar bertepatan dengan hari jadi satu abad Kabupaten Sleman.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Mardiyana yang mewakili Bupati Sleman dalam acara tersebut menjelaskan, operasi katarak tersebut bagian dari kegiatan bakti sosial yang digelar Pemkab bekerjasama dengan RS UGM, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan PT. Sido Muncul.

“Bakti sosial ini bertujuan untuk meningkatkan usia harapan hidup dan juga kualitas hidup masyarakat,” katanya di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, di wilayah Sleman tingkat usia harapan hidup cukup tinggi. Hal itu berimplikasi terhadap tingginya jumlah lansia. Kondisi tersebut berdampak juga pada meningkatnya penderita penyakit katarak yang muncul seiring bertambahnya usia.

“Kondisi seperti ini tidak bisa dihindarkan. Tingginya harapan hidup, juga berimplikasi pada tingginya angka penderita katarak,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Mafilindati mengatakan, awalnya target peserta yang dioperasi  50 orang. Namun jumlah pendaftar hingga hari pelaksanaan mencapai 80 orang.

“Setelah mendapatakan pengamatan, perawatan dan pengobatan oleh dokter di RS UGM awalnya hanya 23 orang yang siap dioperasi. Jumlahnya terus bertambah seiring banyaknya antusias penderita katarak untuk mendaftar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya