SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pengembangan Mobil Klinik yang dioperasionalkan oleh Indosat di Indonesia

Jakarta, 4 Agustus 2015 – Ooredoo Group, induk perusahaan Indosat, memperluas cakupan program Mobil Klinik di berbagai negara yakni Myanmar, Algeria, dan segera menyusul di Tunisia. Program Mobil Klinik merupakan program inisiatif Indosat yang telah diterapkan terlebih dahulu di Indonesia dan kemudian dikembangkan Ooredoo bekerja sama dengan Yayasan Lionel Messi untuk diterapkan di beberapa negara lain.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Mobil Klinik merupakan program yang diinisiasi oleh Indosat sejak tahun 2007 untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat terpencil (khususnya berfokus pada anak-anak) dan korban bencana alam. Mobil Klinik menyediakan berbagai fasilitas layanan kesehatan yang dilengkapi dengan perangkat medis, obat-obatan, tenaga medis profesional, pemberian nutrisi bagi anak serta edukasi tentang hidup sehat bagi masyarakat.

Khusus untuk peluncuran terakhir di negara Algeria bersama Yayasan Lionel Messi, H.E. Sheikh Abdulla Bin Mohammed Bin Saud Al Thani, Chairman of Ooredoo, mengatakan : “Misi Ooredoo adalah untuk memperkaya kualitas kehidupan masyarakat, dan kami sangat senang dapat mendukung masyarakat Algeria untuk terus berkembang melalui program Mobil Klinik Sehat sebagai inisiatif dari Ooredoo. Di setiap wilayah dimana beroperasi, Mobil Klinik selalu mengatasi berbagai masalah kesehatan secara langsung dan nyata, serta memberikan hasil yang cukup signifikan.”

Ekspedisi Mudik 2024

Di Indonesia, 16 Mobil Klinik telah dioperasikan Indosat di seluruh wilayah Indonesia dan hingga kini telah melayani lebih dari 680.000 orang/pasien khususnya masyarakat kurang mampu dan jauh dari fasilitas kesehatan yang memadai dengan memberikan fasilitas kesehatan gratis, termasuk sosialisasi tentang hidup sehat, penyediaan obat-obatan dan lain-lain. Mobil Klinik juga telah berperan dalam berbagai upaya penyelamatan dan pemulihan di berbagai bencana alam dan situasi darurat.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan, “Indosat, sebagai pelopor dari Program Mobil Klinik di Grup Ooredoo merasa bangga bahwa inisiatif yang telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia, juga dapat diterapkan dan memberikan manfaat di berbagai negara lain melalui berbagai fasilitas kesehatan gratis. Ini merupakan bagian dari kontribusi Indosat terhadap anggota Grup Ooredoo secara keseluruhan. Kami yakin dengan memberikan manfaat sebesar mungkin kepada masyakat akan semakin meneguhkan komitmen kami untuk terus memperkaya kualitas kehidupan masyarakat.”

Khusus untuk Mobil Klinik baru yang diluncurkan terakhir di Algeria Ramadhan lalu, bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Algeria, dan Yayasan Leo Messi, akan beroperasi di 3 propinsi di Algeria yaitu Tamanrasset, Illizi dan Adrar, serta diperkirakan akan melayani sekitar 250.000 orang.

Dengan menyediakan layanan kesehatan di berbagai daerah terpencil, klinik ini, yang akan dikelola oleh Bulan Sabit Merah Algeria, akan membantu menyelamatkan pasien di Selatan Algeria dari perjalanan jauh menuju rumah sakit yang berada di pusat kota. Mereka juga akan memberikan sosialisasi tentang kesehatan di berbagai wilayah, menyedikan informasi penting tentang berbagai isu kesehatan, dengan fokus pada anak-anak dan generasi muda.

Menanggapi hal ini, bintang sepak bola Lionel “Leo” Messi mengatakan : “Sejak kami meluncurkan Mobil Klinik di tahun 2013, sangat mengagumkan melihat kemajuan program ini,  berkembang dan dimulai kembali di berbagai negara baru. Setiap hari, Mobil Klinik ini memastikan bahwa generasi muda memiliki kesehatan yang baik sedini mungkin sehingga memungkinkan mereka untuk mengejar dan mewujudkan mimpi mereka.”

Sementara itu di Myanmar, Program Mobil Klinik diluncurkan di bulan Februari 2015, dan telah memberikan layanan di 73 desa, 75% dari 2.321 penerima manfaat ini adalah kaum wanita. Mobil Klinik memberikan perawatan baik sebelum maupun sesudah melahirkan kepada 203 ibu, serta menangani 267 kasus kesehatan anak di bawah lima tahun dengan berbagia penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), diare, Tuberkulosis (TB), dan lain-lain.

Direncanakan juga untuk segera meluncurkan Mobil Klinik di Tunisia, dengan target masyarakat di wilayah Kebili, Gabes, Sidi Bouzid, Mahdia, Kef dan Zaghouan. Program Mobil Klinik di Tunisia ini akan mendukung berbagai upaya untuk memastikan pendeteksian dan pengawasan berbagai penyakit kronis dan gangguan metabolisme di negara ini, dan menyediakan berbagai tips kesehatan bagi masyarakat di wilayah ini.

Diantara berbagai tonggak pencapaian dari program ini, Program Mobil Klinik di Indonesia yang dioperasikan oleh Indosat berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya MDGs Award untuk tahun 2008, 2009 dan 2010, khususnya untuk keberhasilan program meningkatkan kesehatan ibu dan menurunkan angka kematian anak. Mobil Klinik juga telah memperluas cakupan layanan dengan menyediakan obat-obatan, vaksin, dan edukasi tentang penyakit infeksi anak dan keluarga.

Dalam rangka memastikan Program Mobil Klinik Sehat ini benar-benar memberikan berbagai dukungan dan bantuan kesehatan di setiap negara dimana dia beroperasi, Ooredoo membentuk kemitraan dengan LSM terkemuka dan organisasi sektor swasta, baik di negara-negara dengan kondisi infrastruktur  kesehatan yang sedang  berkembang seperti di Myanmar, maupun masyarakat dengam infrastruktur kesehatan yang telah dikembangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya