SOLOPOS.COM - Gedung Taipei 101 dilihat dari tanah (wikipedia.org)

Gedung Taipei 101 dilihat dari tanah (wikipedia.org)

Taipei 101 adalah gedung pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menara tersebut saat ini menjadi gedung tertinggi kedua di dunia, di bawah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Sebelumnya, Taipei 101 mengambil alih gelar gedung tertinggi di dunia, menggeser Menara Petronas Malaysia pada 17 Oktober 2003.

Taipei 101 adalah salah satu pencakar langit paling maju yang pernah dibuat. Gedung ini memiliki keunggulan fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik.

Toshiba telah menyediakan dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63 km/jam) dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88, menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin.

Luas total Taipei 101 adalah 450.000 meter persegi dengan 214.000 meter persegi untuk fasilitas perkantoran, 77.500 meter persegi untuk kebutuhan komersial dan 73.000 meter perseigi lainnya untuk area parkir. Gedung menara ini diresmikan pada 31 Desember 2004 oleh Presiden Chen Shui-bian; Walikota Taipei, Ma Ying-jeou dan Ketua Legislatif Yuan, Wang Jin-pyng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya