SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana penandatanganan Perjanjian Waitangi antara wakil pemerintah Inggris dengan para ketua suku Maori Selandia Baru. (www.teara.govt.nz)

Ilustrasi suasana penandatanganan Perjanjian Waitangi antara wakil pemerintah Inggris dengan para ketua suku Maori Selandia Baru. (www.teara.govt.nz)

Perjanjian Waitangi adalah perjanjian antara wakil pemerintah Kerajaan Inggris dengan para ketua suku Maori di Selandia Baru. Perjanjian itu mewujudkan berdirinya pemerintahan Inggris di Selandia Baru sekaligus pengakuan atas hak-hak suku bangsa Maori.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah penandatanganan resmi di Waitangi pada 6 Februari 1840, perjanjian itu lantas digandakan dan dibawa berkeliling wilayah Selandia Baru untuk ditandatangani para ketua suku lainnya. Setidaknya 530 hingga 540 ketua suku Maori, termasuk di antaranya 13 orang perempuan ketua suku kemudian menandatangani perjanjian tersebut. Belakangan hari penandatanganan perjanjian itu diperingati sebagai hari berdirinya bangsa dan negara Selandia Baru dan diperingati sebagai Hari Waitangi.

Ekspedisi Mudik 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya