SOLOPOS.COM - Indira Gandhi (wikipedia.org)

Indira Gandhi (wikipedia.org)

Indira Priyadarshini Gandhi, lahir di Allahabad, India, pada 19 November 1917 dan meninggal pada 31 Oktober 1984 pada usia 66 tahun. Indira adalah Perdana Menteri India untuk periode 19 Januari 1966 – 24 Maret 1977 dan berlanjut pada 14 Januari 1980 hingga kematiannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai anak Perdana Menteri pertama India, Jawaharlal Nehru dan ibu dari Rajiv Gandhi, Indira Gandhi merupakan seorang wanita yang penuh gejolak dan sangat kontroversial sebagai pimpinan partai politik dan politik negaranya. Pada 19 Januari 1966 ia terpilih sebagai Ketua Partai Kongres untuk menggantikan Lal Bahadur Shastri.

Ekspedisi Mudik 2024

Tahun-tahun Kehidupan

Terlahir sebagai Indira Nehru, Indira menikah dengan Feroze Gandhi. Feroze Gandhi sendiri semula bernama Feroze Khan dan tidak memiliki hubungan dengan tokoh kemerdekaan India, Mahatma Gandhi. Indira merupakan wanita pertama yang menjadi perdana menteri India.

Indira tewas terbunuh pada 31 Oktober 1984 dalam aksi teror yang dilakukan dua pengawal yang memeluk ajaran Sikhisme. Aksi itu dipicu oleh instruksinya yang memerintahkan tentara menyerang Kuil Emas di Punjab, markas para pengikut Sikh yang menginginkan Punjab sebagai negara mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya