SOLOPOS.COM - Tentara Mesir menyeberangi Terusan Suez selama masa Perang Yom Kippur, 1973. (wikipedia.org)

Tentara Mesir menyeberangi Terusan Suez selama masa Perang Yom Kippur, 1973. (wikipedia.org)

Perang Yom Kippur dikenal juga dengan nama Perang Ramadan atau Perang Oktober adalah perang yang terjadi pada 6-24 Oktober 1973 antara Israel dan koalisi Negara-negara Arab Pimpinan Mesir dan Suriah. Perang ini selesai dengan kekalahan dan kehancuran total militer Negara-negara Arab.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Saat perayaan Yom Kippur, hari raya terbesar Yahudi, juga bertepatan dengan Bulan Ramadan bagi umat Islam. Suriah, Libya dan Mesir menyerbu Israel secara tiba-tiba pada 6 Oktober 1973 dengan jumlah personel militer yang sangat besar. Di dataran tinggi Golan, 180 tank Israel harus berhadapan dengan 1.400 tank Suriah. Sedangkan di Terusan Suez, kurang dari 500 prajurit Israel berhadapan dengan 80.000 prajurit Mesir.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada permulaan perang, Israel terpaksa menarik mundur pasukannya. Tetapi setelah memobilisasi tentara cadangan, mereka bisa memukul tentara invasi sampai jauh memasuki Mesir dan Suriah.

Melihat Mesir terdesak, Uni Soviet tidak tinggal diam. Tindakan Uni Soviet ini memancing Amerika Serikat yang segera mempersiapkan kekuatannya.

Dunia kembali diamcam perang besar pasca perang Dunia II. Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi mengumumkan pembatasan peroduksi minyak, memicu krisis energi dan harga minyak dunia membumbung tinggi.

Dua minggu setelah perang dimulai, Dewan Keamanan PBB mengadakan rapat dan mengeluarkan resolusi 339 serta gencatan senjata, sehingga mencegah kekalahan total Mesir. Total, 2.688 tentara Israel tewas dan kurang lebih 7.000 orang cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya