SOLOPOS.COM - Masjid Babri (wikipedia.org)

Masjid Babri (wikipedia.org)

Masjid Babri atau Masjid Babur adalah sebuah masjid yang didirikan oleh Kaisar Mughal pertama India, Babur, di Ayodhya pada abad ke-16 Masehi. Sebelum 1940-an masjid ini dinamakan Masjid-i Janmasthan (masjid tempat kelahiran).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masjid ini berdiri di Bukit Ramkot (disebut juga Janmasthan). Masjid Babri diruntuhkan oleh sekitar 150.000 orang dari kaum nasionalis Hindu pada 6 Desember 1992, dalam sebuah peristiwa yang sebelumnya sudah direncanakan, walaupun sudah dilarang Mahkamah Agung India.

Ekspedisi Mudik 2024

Kaum nasionalis Hindu, Vishwa Hindu Parishad, meyakini panglima perang Babur, Mir Baki telah menghancurkan sebuah kuil Hindu untuk mendirikan majid tersebut. Mereka percaya kuil tersebut dibangun untuk memperingati hari kelahiran Rama, inkarnasi dari Wisnu dan juga penguasa Ayodhya.

Menariknya masjid ini berbagi tembok dengan kuil rama. Masjid Babri adalah salah satu masjid terbesar di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian India yang memiliki populasi Muslim 31 juta orang.

Walau ada beberapa masjid yang lebih tua di Kota Ayodhya, termasuk Masjid Hazrat Bal yang didirikan oleh raja-raja Shariqi, Masjid Babri dianggap terbesar karena lokasinya yang menjadi sumber sengketa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya