SOLOPOS.COM - Gambar rekaan artis menunjukkan Hunley dan perbandingan ukurannya dengan manusia serta senjata yang dipakainya untuk menyerang kapal perang USS Housatonic yaitu bom yang dipasang di ujung sebatang tongkat besi panjang dengan detonasi yang dikendalikan dengan kawat. (maritimetexas.net)

Gambar rekaan artis menunjukkan Hunley dan perbandingan ukurannya dengan manusia serta senjata yang dipakainya untuk menyerang kapal perang USS Housatonic yaitu bom yang dipasang di ujung sebatang tongkat besi panjang dengan detonasi yang dikendalikan dengan kawat. (maritimetexas.net)

H. L. Hunley adalah kapal selam yang dibuat pihak Konfederasi dalam Perang Saudara (Civil War) di AS. Kapal selam ini menjadi kapal selam perang pertama yang menenggelamkan kapal perang musuh, dan menjadi tonggak sejarah penting dalam perkembangan peperangan di laut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebenarnya kapal ini kurang tepat juga disebut sebagai kapal selam karena saat beroperasi kapal ini tidak menyelam seluruhnya, dan masih ada sebagian kecil badannya berada di atas permukaan air. Namun kapal buatan Horace Lawson Hunley ini bekerja dengan prinsip-prinsip kapal selam seperti menggunakan tangki balast untuk membuatnya tenggelam atau muncul sepenuhnya di permukaan air serta untuk menjaga keseimbangan saat berlayar.

Ekspedisi Mudik 2024

Hunley memiliki panjang sekitar 12 meter dan dibuat di Mobile, Alabama, dan diluncurkan Juli 1863. Kapal itu lantas dikirim dengan kereta api pada 12 Agustus 1863 ke kota pelabuhan Charleston di South Carolina untuk terjun menghadapi blokade kapal perang pemerintah federal AS.

Kali pertama beroperasi, Hunley yang saat itu masih dinamai Fish Boat tenggelam pada pelayaran latihan 29 Agustus dan menewaskan lima awaknya. Kapal itu kembali tenggelam 15 Oktober 1863 dan menewaskan kedelapan awaknya termasuk Horace Hunley si pembuat. Namun kembali kapal itu bisa diangkat dan diperbaiki.

Serangan pertama dan terakhir kapal ini dilakukan 17 Februari 1864. Saat itu kapal tersebut menyerang kapal perang USS Housatonic yang tengah ambil bagian dalam operasi blokade terhadap pelabuhan Charleston. Dengan bekal bom yang dibawa, Hunley berhasil meledakkan USS Housatonic. Namun, kemungkinan akibat dampak ledakan, Hunley juga ikut tenggelam dan menewaskan kedelapan awaknya.

Kapal selam unik ini baru bisa ditemukan kembali tahun 1995, dan akhirnya diangkat tahun 2000 untuk selanjutnya dibersihkan dan dipamerkan di Charleston.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya