SOLOPOS.COM - Foto permukaan Bulan yang diambil Chandrayaan1 (wikipedia.org)

Foto permukaan Bulan yang diambil Chandrayaan1 (wikipedia.org)

Chandrayaan-1 adalah sebuah misi penjelajahan tak berawak ke Bulan yang dilaksanakan oleh Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India (ISRO), lembaga ruang angkasa nasional India. Misi ini mencakup sebuah pengorbit Bulan dan sebuah impactor.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Wahana luar angkasa ini diluncurkan oleh versi modifikasi dari Wahana Peluncur Satelit Kutub pada 22 Oktober 2008 dari Satish Dhawan Space Centre, Sriharikota, Andhra Pradesh. Chandrayaan (dalam berbagai bahasa India) berarti Perjalanan ke Bulan.

Bidang studi khusus yang menjadi misi wahana ini mencakup:

– Meneralogis resolusi tinggi dan pencitraan kimiawi terhadap wilayah-wilayah kutub utara dan selatan yang selamanya berada di bawah bayangan.

– Pencarian air dan es di permukaan atau di bawah permukaan Bulan, khususnya di kutub-kutub bulan.

– Identifikasi bagian-bagian puncak kimiawi dari batu-batu karang di puncak-puncak bulan.

– Stratigrafi kimiawi terhadap kerak bulan melalui remote sensing terhadap puncak-puncak (upland) sentral dari kawah-kawah bulan yang besar, Wilayah Aitken Kutup Selatan (SPAR) dll. Diharapkan bagian-bagian dalamnya akan diperoleh.

– Memetakan variasi ketinggian bagian permukaan bulan sepanjang jalur satelitnya.

– Observasi terhadap spektrum sinar X yang lebih besar daripada 10 keV dan liputan stereografis dari sebagian besar permukaan Bulan dengan resolusi 5m

– Menemukan pengertian-pengertian baru tentang asal-usul dan evolusi bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya