SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengenai penyerbuan Baghdad oleh pasukan Mongol. (http://en.wikipedia.org/wiki/File:DiezAlbumsFallOfBaghdad.jpg)

Ilustrasi mengenai penyerbuan Baghdad oleh pasukan Mongol. (http://en.wikipedia.org/wiki/File:DiezAlbumsFallOfBaghdad.jpg)

Pada 10 Februari 1258, pasukan Mongol yang dipimpin Hulegu Khan, cucu pemimpin besar Mongol Jenghis Khan menyerbu Baghdad yang merupakan pusat Kekhalifahan Abbasiyah. Penyerbu Mongol melakukan perusakan dan penjarahan besar-besaran di Baghdad, dan banyak bagian kota yang dibakar habis. Sebagian besar warga kota juga dibantai oleh pasukan Mongol, tak terkecuali Khalifah Al Musta’in.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bukan hanya permukiman dan pusat pemerintahan serta ekonomi yang dihancurkan, pasukan Mongol, kanal-kanal irigasi juga ikut dirusak. Penyerbuan brutal Mongol di Baghdad ini menyebabkan runtuhnya Kekhalifahan Abbasiyah dan pukulan hebat bagi kejayaan peradaban Islam.

Ekspedisi Mudik 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya