SOLOPOS.COM - Bendera Angola (wikipedia.org)

Bendera Angola (wikipedia.org)

Republik Angola adalah sebuah negara yang terletak di Afrika bagian barat daya, berbatasan dengan Namibia, Republik Demokratik Kongo, Zambia dan Samudra Atlantik. Negara ini merupakan salah satu produsen kopi utama di dunia dan termasuk negara terkaya di Afrika berkat sumber alamnya, terutama bijih besi, intan dan tembaga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemukim awal daerah ini ialah suku pemburu-pengumpul Khoisan. Secara besar-besaran mereka digantikan oleh suku Bantu selama migrasi Bantu.

Portugal singgah pada 1483 di Sungai Kongo, tempat Negara Kongo, Ndongo dan Lunda berada. Secara bertahap bangsa Portugis mengambil kontrol di garis pantai sepanjang abad ke-16 melalui serangkaian perjanjian dan perang dan membentuk koloni Angola.

Pada1951 koloni itu dibenahi kembali sebagai provinsi seberang lautan, juga disebut Afrika Barat Portugis. Saat Portugal menolak proses dekolonisasi, gerakan kemerdekaan bermunculan:

Setelah 14 tahun perang gerilya untuk kemerdekaan dan jatuhnya pemerintahan fasis Portugal oleh kudeta militer, partai nasionalis Angola mulai merundingkan kemerdekaan pada Januari 1975. Kemerdekaan didklarasikan pada 11 November 1975, dengan Agostinho Neto sebagai presiden pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya