SOLOPOS.COM - Ekskavator dioperasikan untuk pengerukan tanah sebagai persiapan memasang abutmen pembangunan overpass Jl DI Pandjaitan, Solo, Minggu (16/1/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Proses pembangunan overpass Jl DI Panjaitan, Ngemplak, Banjarsari, Solo, terus berjalan. Setelah proses pengerukan untuk abutment atau kepala jembatan, selanjutnya pengerjaan back wall dan wing wall yang ditargetkan selesai pertengahan Februari.

Kondisi cuaca yang masih kerap hujan belakangan ini memang menjadi tantangan tersendiri, namun hal itu tak terlalu berpengaruh pada proses pengerjaan. Seperti diketahui, proses pembangunan overpass DI Pandjaitan per Minggu (16/1/2022) mulai proses pengerukan tanah dan pengerjaan pile cap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proses itu masih berlangsung pada Selasa (18/1/2022). PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area III, Albertus Dito, mengatakan untuk progres pembangunan overpass, setelah dilakukan Pile Driving Analyzer (PDA) Test pada 14 Januari 2022 kemarin, tahapan selanjutnya adalah pemasangan fondasi batu kosong.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo, Pekerja Mulai Garap Abutment

Tahapan itu ditargetkan selesai dalam tiga hari. Selanjutnya proyek peninggian overpass DI Pandjaitan, Solo, akan memasuki tahap pembuatan beton tumbuk atau rabat beton yang biasanya dilakukan sehari setelah fondasi batu kosong selesai dikerjakan. Kegiatan itu direncanakan juga memakan waktu tiga hari.

Pembesian

“Setelah itu kami lanjutkan dengan bekosting dan pembesian, direncankaan butuh waktu sekitar dua pekan. Nanti paralel dengan proses beton. Jadi yang sudah siap bekisting langsung kami cor. Kami targetkan pertengahan Februari nanti sudah selesai pekerjaan back wall dan wing wall,” katanya, Selasa.

Baca Juga: Puluhan Pelaku Usaha Terdampak Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo

Kondisi cuaca saat ini dengan intensitas hujan yang cukup tinggi menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembangunan. Namun Dito mengatakan sejauh ini proses pembangunan masih bisa berjalan sesuai rencana.

“Saat ini kami memang masih proses untuk abutment, selama penggalian juga terjadi hujan. Tapi bisa langsung kami pompa di sisi utara dan selatan, air langsung kami buang. Sejauh ini masih dapat tertangani sesuai metode teknis,” katanya.

Baca Juga: Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo Buka Jalan KRL sampai Palur

Sebagaimana diketahui, proyek peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Solo, dilakukan untuk mendukung operasional kereta rel listrik (KRL) Solo-Jogja sampai Stasiun Palur di Karanganyar. Selama ini ruang bebas yakni antara rel KA dengan bagian bawah lantai jembatan dinilai kurang memadai untuk sarana KRL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya