SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Tingginya minat masyarakat menggunakan jalan tol Trans Jawa pada musim arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 H atau Lebaran 2019 M berimbas pada peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Konsumsi BBM jenis gasoline di beberapa SPBU regular seperti di rest area Km 389B dan Km 260B naik hingga di atas 200% pada puncak arus balik yang terjadi pada H+4 atau bertepatan pada Minggu (9/6/2019). Tidak terkecuali, kios Pertamina Siaga yang tersebar di ruas B (Surabaya-Jakarta) jalan tol Trans Jawa.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY, Iin Febrian mengatakan, peningkatan konsumsi di kios Pertamina Siaga di sepanjang ruas balik jalur B meningkat rata-rata di atas 100%. “Peningkatan tertinggi terjadi di kios Pertamina Siaga Km 282B saat H+5 arus balik kemarin, yaitu sebesar 135% dari rata-rata harian normal sebesar 14 kl menjadi 33 kl,” kata Iin, Kamis (13/6/2019).

Dia menambahkan hal serupa juga terjadi di kios Pertamina Siaga lainnya meskipun peningkatannya tidak setinggi di rest area Km 282B. “Dibandingkan tahun 2018, konsumsi BBM meningkat signifikan seiring dengan beroperasinya rest area di jalan tol Trans Jawa. Pertamina akan terus mengoptimalkan stok dan penyaluran sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi BBM di jalan tol Trans Jawa,” tambahnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, para pemudik sangat meminati untuk mengisi BBM di SPBU yang terletak di rest area sepanjang jalan tol Trans Jawa. “Kami mencatat bahwa di SPBU rest area Km 379 dan 429 ruas A (Jakarta-Surabaya) adalah dua SPBU regular yang peminatnya sangat tinggi saat arus mudik. Sedangkan pada saat arus balik, konsumsi tertinggi terjadi di SPBU rest area Km 389 dan Km 260,” ujarnya.

Andar menambahkan hingga akhir masa satgas tanggal 20 Juni 2019 nanti, Pertamina MOR IV akan terus mengoptimalkan pemenuhan stok dan penyaluran BBM di jalan tol Trans Jawa. “Seluruh SPBU reguar dan kios Pertamina Siaga di jalur tol trans Jawa siap melayani para pengguna jasa tol dan kami beroperasi penuh melayani konsumen hingga 24 jam,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya