Omzet Anjlok, Pemilik Toko Dekat Jembatan Mojo Solo Ingin Proyek Cepat Kelar

Kalangan pemilik toko di Jl Kyai Mojo mengeluhkan omzet turun drastis sejak Jembatan Mojo, Solo, ditutup untuk perbaikan, Senin (26/9/2022) lalu.

 Kondisi Jl Kyai Mojo dekat Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, sepi pada Kamis (6/10/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Kondisi Jl Kyai Mojo dekat Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, sepi pada Kamis (6/10/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Omzet penjualan warung dan toko di pinggir Jl Kyai Mojo mulai dari simpang tiga Silir hingga Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, merosot tajam beberapa waktu terakhir. Para pelanggan kesulitan mencari akses menuju pertokoan sejak penutupan Jembatan Mojo untuk perbaikan, Senin (26/9/2022).

Pantauan Solopos.com, Kamis (6/10/2022), terdapat pagar pembatas yang dipasangi spanduk bertuliskan penutupan Jembatan Mojo di simpang empat Baturono dan simpang tiga Silir.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Namun, masih ada aktivitas masyarakat maupun pelaku usaha di sepanjang Jl Kyai Mojo mulai dari simpang empat Baturono hingga simpang tiga Silir. Kendaraan bermotor juga tampak masih hilir mudik di sepanjang jalan tersebut.

Kondisi yang jauh berbeda terlihat mulai dari simpang tiga Silir hingga Jembatan Mojo, Solo. Kendaraan bermotor yang melewati ruas jalan itu bisa dihitung jari. Kalaupun ada hanya sepeda dan sepeda motor yang hendak keluar dari gang-gang perkampungan di sepanjang jalan.

Sedangkan kondisi pertokoan di pinggir jalan tampak sepi. Sebagian toko tetap buka meski sepi pembeli. Namun, tak sedikit pula toko-toko di pinggir jalan yang tutup.

Baca Juga: Lantai Jembatan Mojo Solo Mulai Dibongkar, Pekerja Ngebut hingga Malam Hari

“Sekarang kondisinya sepi pembeli. Jika pun ada mereka berasal dari wilayah Pasar Kliwon. Pelanggan dari Mojolaban kesulitan mencari akses jalan karena jembatan ditutup,” kata seorang karyawan toko material bangunan, Wisnu, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Wisnu mengaku banyak pelanggannya yang berasal Mojolaban, Sukoharjo, atau seberang Jembatan Mojo, Solo. Mereka memesan material bangunan lewat telepon. Mereka memesan semen, batu bata, hingga batako.

Pengiriman Barang Terhalang Penutupan Jembatan Mojo

Permasalahannya, ia kesulitan saat mengirim material bangunan ke rumah pelanggan di wilayah Mojolaban, Sukoharjo. Mobil pikap yang mengangkut barang material bangunan harus memutar melewati Jembatan Bacem dan Jl Ciu menuju Bekonang, Mojolaban.

Baca Juga: Senjakala Kampung Beton, Saksi Bisu Kesibukan Pelabuhan Terbesar Bengawan Solo

“Jika dibanding sebelum jembatan ditutup, mungkin omzet penjualan turun 25 persen-30 persen. Mau tidak mau pengiriman material bangunan ke pelanggan lewat Jl Ciu,” ujarnya.

Seorang warga Kelurahan Mojo, Ibrahim, mengatakan ada beberapa pemilik dan pengelola toko terpaksa menutup sementara usaha mereka selama pengerjaan proyek perbaikan Jembatan Mojo, Solo. Mereka tak ingin merugi lantaran telah mengeluarkan modal untuk kulakan barang namun tidak laku.

Dia berharap pengerjaan proyek perbaikan Jembatan Mojo rampung tepat waktu. “Pengerjaan jembatan kan dua bulan hingga akhir November. Ya kalau bisa pertengahan November sudah selesai sehingga kondisi jalan kembali ramai,” ujarnya.

Baca Juga: Kian Padat, Butuh hingga 20 Menit Lewati Jembatan Jurug C Solo saat Jam Sibuk

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, Kamis, pekerjaan perbaikan Jembatan Mojo memasuki tahap pembongkaran lantai beton yang akan diganti dengan pelat baja ortotropik segmental.

Pengerjaan dilakukan bertahap namun para pekerja lembur sampai malam sehingga diharapkan proyek perbaikan jembatan itu bisa selesai tempat waktu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pantai Sembukan Wonogiri, Tempat Pertemuan Ratu Kidul dan Panembahan Senapati

      Pada malam-malam tertentu, pantai yang terletak di Wonogiri selatan itu acap didatangi orang dari berbagai daerah. Mereka melakukan ritual tertentu untuk meminta keberkahan.

      Jajal Jalur Kirab Kaesang-Erina, 3 Menteri Naik Kereta Kencana di Jalur CFD

      rombongan kirab sampai di depan Hotel Dana Solo. Sejumlah orang membentuk barisan berjalan dari barat ke timur. Di belakangnya ada kereta kencana. Satu kereta ditarik dua kuda. Tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan kemeja biru maroon dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenakan pakaian biru muda.

      Kapolres Sukoharjo Gandeng Komunitas Seni Jaga Kamtibmas dan Kerukunan Warga

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan komunitas seni merupakan salah satu komunitas yang harus disentuh oleh kepolisian. Mengingat banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi dalam bidang seni.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Masjid di Ngawen Klaten Kokoh Berdiri Sendiri di Tengah Proyek Tol Solo-Jogja

      Nilai UGR yang bakal diterima untuk pembebasan bangunan masjid itu senilai Rp822 juta. Sesuai aturan, UGR yang diterima harus digunakan untuk membangun masjid.

      Pemkab Klaten Buka Lowongan 8 Jabatan Eselon II, Terbuka untuk ASN di Jateng

      Proses seleksi dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Tim tersebut terdiri atas dua orang internal atau dari Pemkab Klaten dan tiga orang eksternal atau akademisi.

      Stok Kosong, Dinkes Boyolali Putar Otak Cari Vaksin Covid-19

      Puskesmas yang diinformasikan bisa melayani vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (26/11/2022) antara lain Puskesmas Sambi, Simo, Sawit, Banyudono I, Gladagsari, Boyolali I, dan Boyolali II.

      Agenda Solo Hari Ini: Ada Padi Reborn di Lokananta hingga Pengajian Akbar NU

      Agenda Solo hari ini, Minggu (27/11/2022), cukup padat dengan Lokananta Reload yang menghadirkan Padi Reborn serta pengajian akbar Hari Santri Nasional di Pura Mangkunegaran.

      Duh. 25 Water Barrier di Jalan-Jalan Karanganyar Hilang Dicuri

      Biasanya akibat pencurian ini diketahui saat akan dilakukan pengecekan sarana atau pada saat akan digunakan untuk pengaturan arus lalu lintas.

      Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa

      Saat sidak konser Dewa-19, anggota DPRD Solo menemukan belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo.

      Sukoharjo Berawan Tebal sejak Minggu Pagi, Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan tebal sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Boyolali Hujan sejak Pagi Hari, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya Menurut BMKG

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Hujan Minggu Malam, Simak Prakiraan Cuaca Solo 27 November

      Minggu (27/11/2022) siang hingga malam ini Solo diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang menurut prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 27 November 2022, Cukup Bersahabat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa Anda simak di sini.