Dokumentasi kegiatan Olimpus 2019. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo telah menggelar kegiatan terbesar, yakni Olimpus 2019, dari 11 Oktober 2019 hingga 24 November 2019. Olimpus 2019 merupakan karya kegiatan terbesar dari, oleh, dan untuk mahasiswa UNS Solo dan merupakan olimpiade bagi mahasiswa di kampus terseubut.

Kegiatan tersebut bertujuan mendorong minat, bakat, dan potensi mahasiswa dalam tiga bidang perlombaan, yaitu olahraga, seni budaya, serta penalaran ilmiah. Selain itu, terdapat juga tiga bidang apresiasi mahasiswa seperti awarding prestasi mahasiswa, penganugerahan duta kampus UNS Solo, dan penampilan komunitas daerah UNS Solo.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com, acara tersebut dibuka pada 11 Oktober 2019 dengan mengangkat tajuk Heaven Rulers Birth. Rangkaian kegiatan ajang minat bakat penalaran terbesar di UNS diperkenalkan dalam acara pembukaan.

Pada 12 Oktober hingga 8 November 2019, digelar kegiatan perlombaan di masing-masing bidang yang di antaranya ada olahraga, seni budaya, dan penalaran ilmiah untuk menjaring minat dan bakat mahasiswa yang ada di UNS Solo sehingga dapat dikembangkan potensinya.

Pada 19 Oktober 2019, diadakan kegiatan pengenalan Olimpus 2019 serta pengenalan UNS Solo kepada masyarakat umum dengan dimeriahkan penampilan-penampilan seru dari parade di kegiatan car free day (CFD) Kota Solo.

Untuk 2 November 2019 hingga 3 November 2019, diadakan kegiatan apresiasi karya mahasiswa UNS Solo yang terdiri dari pameran seni & IT, penampilan lomba grup musik, solo vocal, modern dance, dan tari tradisional. Selain itu, terdapat pula ajang penampilan bakat dari para calon duta kampus UNS Solo.

Final party atau pesta puncak Olimpus 2019 diadakan pada 9 November 2019 yang diisi dengan kegiatan final lomba basket dan kegiatan perlombaan tiga bidang dengan apresiasi langsung kepada pemenang lomba.

Kegiatan penutup acara Olimpus 2019 diadakan pada 24 November 2019 dengan menampilkan tarian kolaborasi dari komunitas daerah mahasiswa yang ada di UNS Solo, penghargaan bagi insan mahasiswa yang mengharumkan nama UNS dibidang masing-masing, dan juga penganugerahan duta kampus UNS 2019 terpilih. Acara penutup juga dimeriahkan bintang tamu grup musik Dhyo Haw serta The Overtunes.

Tema Acara

Olimpus 2019 yang sudah direncanakan sejak Mei lalu mengangkat tema Renaissance of Glory yang berarti Kejayaan yang Terlahir Kembali. Dilengkapi dengan jargon Get Your Glory, diharapkan peserta Olimpus 2019 akan berjaya dalam mengembangkan minat, bakat, serta penalaran yang mungkin tidak pernah diekspresikan sebelumnya.

Spesial?

Olimpus 2019 menjadi kegiatan dengan kepanitiaan terbesar di UNS Solo, yakni 400 panitia. Selain itu, Olimpus 2019 juga meraih pencapaian yang besar pula. Kepanitiaan ini juga menggaungkan nama Keluarga Besar Mahasiswa UNS (KBM UNS) sehingga melibatkan segenap elemen mahasiswa untuk mendukung kegiatan itu.

Untuk mencapai target 10.000 peserta, penonton, dan partisipan bukanlah hal yang mustahil. Dengan didukung branding baru dan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, mampu menimbulkan suasana baru untuk kegiatan kemahasiswaan terbesar yang dilaksanakan oleh Keluarga Besar Mahasiswa UNS Solo.

"Saya pun juga mengikuti tahapan seleksi ketika mendaftar sebagai project officer [ketua pelaksana] sama dengan yang teman-teman kordinator dan panitia lainnya rasakan. Terdapat empat PO dalam Olimpus ini, yaitu Zeus, Hermes, Afrodite, dan Athena. Bersama tiga PO lainnya, kami berusaha untuk saling menguatkan dalam proses persiapan acara ini," jelas Pras selaku PO Zeus OM UNS 2019.

Target Penonton

Dari seluruh rangkaian acara, penonton yang hadir melebihi target panitia meski ada beberapa hal yang kurang memuaskan. "Saya dan panitia lainya memohon maaf atas pihak yang tersakiti, tidak puas, maupun terzalimi atas apa yang dialami dan dirasakan dalam kegiatan Olimpus," ucap Fadli selaku Steering Committee OM UNS dalam media sosialnya.

Meski terdapat beberapa hal yang kurang memuaskan peserta dan tidak sesuai yang diharapkan penonton, kritik dan saran tersebut sedang dalam proses klarifikasi dan pembenahan oleh panitia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten