SOLOPOS.COM - Ilustrasi ilmu fisika (Google image)

Olimpiade intenasional akan diadakan di Jogja

Harianjogja.com, JOGJA — DIY akan menjadi tuan rumah perhelatan bergengsi Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) yang ke-48. Perlombaan yang diikuti pelajar setingkat SMA dari 88 negara itu akan dihelat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 16 – 24 Juli 2017 mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud Purwadi Sutanto menjelaskan, IPhO ke-48 akan diikuti 88 negara dengan jumlah sekitar 450 pelajar SMA. Jumlah itu di luar pendamping yang diperkirakan total mencapai 1.000 orang yang akan hadir di Jogja. Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan Gubernur DIY dalam mensukseskan acara tersebut.

“Karena akan diselenggarakan di Jogja, saya lapor sama Ngarso Dalem [Gubernur DIY HB X]. Minta dukungan kepada beliau agar penyelenggaraan sukses, baik sebagai tuan rumah dan sebagai peserta berprestasi,” terangnya di Kompleks Kepatihan, Rabu (7/6/2017).

Ia menambahkan, terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang IPhO pada 2002 silam. Ketika itu, pembukaan kompetisi dilakukan oleh Presiden yang saat itu dijabat Megawati Soekarnoputri. Ia berharap Presiden Joko Widodo bisa membuka acara tersebut. Meski menjadi tuan rumah, lanjutnya, sesuai ketentuan, Indonesia tetap hanya dapat mengirimkan satu tim karena semua negara memiliki hak yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya