SOLOPOS.COM - Kaori Icho meraih medali emas Olimpiade 2016. (REUTERS/Toru Hanai)

Olimpiade 2016 diwarnai dengan Kaori Icho yang mengukir rekor.

Solopos.com, RIO DE JANEIRO — Pegulat asal Jepang, Kaori Icho, mengukir prestasi gemilang di ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Icho menjadi perempuan pertama di dunia yang mampu merebut medali emas empat kali beruntun dalam Olimpiade empat edisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Icho meraih emas setelah menjuarai gulat kelas freestyle 58 kg putri di Carioca Arena 2, Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (17/8/2016) waktu setempat. Ia sempat tertinggal 1-2 lalu berbalik unggul kemudian menang menjadi 3-2 atas pegulat Rusia, Valeriia Koblova Zholobova. Hasil luar biasa ini membikin atlet berusia 32 tahun itu menjadi pegulat putri pertama yang mampu menyabet empat emas dalam sejarah Olimpiade.

Atlet kelahiran Hachinohe, Perfektur Aomori, Jepang, ini mengawali sejarahnya dengan turun di Olimpiade 2004 di Athena, Yunani. Di samping itu, Icho sudah mengoleksi 10 gelar juara dunia. Ia menjadi pegulat yang tak terkalahkan selama 13 musim dalam 189 pertandingan hingga Januari 2016 lalu ketika ia kalah dari pegulat Mongolia, Orkhon Purevdorj.

Icho mengaku sangat senang atas pencapaian ini. Sayang, kebahagiaan ini tak bisa dibagi dengan orang terdekatnya, yakni sang ibu yang meninggal dunia tahun lalu.

“Saya sangat merindukannya. Saya tahu dia selalu mengawasi saya dari surga. Saya bisa merasakannya. Dua poin yang membikin saya menang itu, seakan diberikan olehnya,” papar Icho, dilansir Rio2016.com, Kamis (18/8/2016).

Pada Olimpiade tiga edisi sebelumnya, Icho membawa pulang emas di kelas 63 kg. Di Olimpiade 2004 ia mengungguli pegulat Amerika Serikat, Sara MacMann (perak) dan pegulat Prancis, Lise Legrand (perunggu). Sedangkan di Olimpiade 2008, di Beijing, Tiongkok, ia menundukkan Alena Kartashova (Rusia), dan Yelena Shalygina (Kazakhstan). Pada Olimpiade 2012 di London, Inggris, ia menang atas Jing Ruixue (Tiongkok), dan Soronzonboldyn Battsetseg (Mongolia).

Icho meraih titel juara dunia sejak kejuaraan dunia gulat 2002 di Yunani hingga 2015 di Las Vegas, AS. Ia hanya absen di musim 2004, 2008, 2009, dan 2012. Selain itu, ia juga meraih medali emas di Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya