SOLOPOS.COM - Timnas Brasil meraih medali emas Olimpiade 2016. (REUTERS/Murad Sezer)

Olimpiade 2016 diwarnai dengan Timnas Brasil yang mampu meraih medali emas cabang sepak bola.

Solopos.com, RIO DE JANEIRO – Brasil sukses meraih medali emas cabang sepak bola putra di ajang Olimpiade 2016. Padahal sebelumnya, Tim Samba mendapat sorotan tajam di awal turnamen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Medali emas didapat Brasil setelah mereka mengalahkan Jerman di babak final sepak bola Olimpiade 2016. Bertanding di Stadion Maracana, Minggu (21/8/2016) dini hari WIB, Brasil memastikan kemenangan lewat babak adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Brasil membuka kemenangan lebih dulu lewat tendangan bebas Neymar di menit ke-27. Jerman baru bisa membalas di babak kedua lewat sang kapten, Max Mayer, tepatnya di menit ke-59. Skor imbang itu bertahan hingga waktu normal dan extra time selesai.

Di babak adu penalti, Empat penendang pertama kedua kubu berhasil menceploskan bola. Namun penendang kelima Jerman, Nils Petersen, gagal lantaran tembakannya berhasil dimentahkan kiper Brasil, Weverton. Neymar yang menjadi penendang kelima berhasil memastikan kemenangan Brasil.

Neymar yang didapuk menjadi kapten menyebut kemenangan ini sebagai jawaban atas kritik yang didapat timnya. Ya, kritik tajam memang diberikan kepada Brasil setelah meraih dua kali hasil imbang di laga perdana Olimpiade 2016.

“Kemarin kami dikritik. Kami sudah menjawabnya dengan sepak bola yang bagus,” kata Neymar seperti dikutip dari Reuters, Minggu (21/8/2016).

Kemenangan ini membuat Brasil akhirnya meraih medali emas pertama Olimpiade di cabang sepak bola putra. Sebelumnya, Tim Samba hanya mampu meraih tiga kali medali perak yakni pada 1984, 1988, dan 2012.

“Kami punya pemain yang sangat berdedikasi, profesional, dan dengan teknik yang hebat. Saya akan pergi dengan sensasi telah menuntaskan tugas,” terang pelatih Brasil, Rogerio Micale.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya