SOLOPOS.COM - Tontowi/Liliyana (Badmintonindonesia.org)

Olimpiade 2016 mengabarkan kemenangan Tontowi/Liliyana atas wakil Tiongkok.

Solopos.com, RIO DE JANEIRO — Pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melaju ke final cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Rio 2016.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Mereka mengalahkan unggulan teratas asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan skor 21-16 dan 21-15. Menurut Liliyana Natsir, kunci kemenangannya adalah ketenangan. “Kuncinya ketenangan, fokus dan kekompakan dari kami,” kata Liliyana, seperti dilansir Badmintonindonesia.org, Selasa (16/8/2016).

Ini merupakan pertemuan ke-19 bagi Tontowi/Liliyana vs Zhang Nan/Zhao Yunlei. Tontowi/Liliyana sebelumnya tertinggal 5-13 di rekor pertemuannya. Dalam delapan pertemuan terakhir, Tontowi/Liliyana harus menelan kekalahan.

“Kemenangan ini bukan buat membalas pertandingan sebelumnya atau apa. Tapi ini buat final Olimpiade 2016. Sebelum main kami anggap kosong-kosong aja,” ujar Tontowi.

Tontowi/Liliyana tampil baik dan penuh percaya diri di pertandingan semifinal Olimpiade Rio 2016. Susul menyusul angka terjadi sejak game pertama dimulai. Tontowi/Liliyana unggul 7-4 dari Zhang/Zhao. Kedudukan sempat imbang 14-14, namun kemudian pasangan Indonesia tersebut terus melaju 18-15 hingga menang 21-16.

Masuk ke game kedua, Tontowi/Liliyana terus menekan dengan unggul 5-0 di awal. Tontowi/Liliyana kemudian unggul lagi hingga interval dengan 11-8.

Pertandingan sempat menegang ketika Zhang/Zhao mencoba menyusul perolehan angka jadi 12-12. Namun perlahan tapi pasti, Tontowi/Liliyana membuat jarak poin, mereka unggul 17-14. Tontowi/Liliyana menang 21-15 setelah pengembalian Zhao yang melebar meninggalkan lapangan.

“Saat sudah unggul, saya enggak berpikir tentang menang. Poin 20 juga saya berpikir masih banyak poin. Saya cuma berpikir poin poin poin saja. Pas lihat angka 20 juga saya enggak tahu siapa yang 20. Pokoknya fokus aja dulu. Bola masuk aja dulu, kami bikin poin,” ungkap Tontowi.

“Permainan tadi cukup ketat tapi kami enggak memikirkan poin udah berapa leading atau ketinggalan. Kami tetap fokus poin satu persatu,” tambah Liliyana lagi.

Di final Olimpiade 2016 Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Chan Peng Soo/Goh Liu Ying. Chan/Goh melaju ke final seusai mengalahkan pasangan Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin, 21-12 dan 21-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya