SOLOPOS.COM - Hendra/Ahsan (Badmintonindonesia)

Olimpiade 2016 bakal diikuti oleh wakil Indonesia di cabang bulu tangkis.

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak tiga pasangan ganda Indonesia masuk daftar unggulan dalam Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, Agustus, mendatang. Daftar ini berdasarkan peringkat dunia (per 21 Juli 2016) dan akan digunakan untuk pengundian, Selasa (26/7/2016). Di nomor ganda (putra, putri, dan campuran) masing-masing terdapat empat unggulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ganda Putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, menjadi yang teratas di antara para pebulu tangkis Tanah Air dengan menempati unggulan kedua. Sedangkan seeded teratas ganda putra ditempati pasangan Korea Selatan sekaligus juara Indonesia Open Superseries Premier 2016, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Pemain Korea Selatan lain, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang, di urutan ketiga diikuti wakil Tiongkok, Zhang Nan/Fu Haifeng, di tempat keempat.

Dilansir Badmintonindonesia.org, Jumat (22/7/2016), ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari menempati unggulan ketiga. Di nomor ini pasangan ganda putri Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, di tempat teratas setelah sukses merebut tiga gelar superseries tahun ini. Unggulan kedua adalah wakil Tiongkok, Yu Yang/Tang Yuanting dan seeded keempat berasal dari Korea Selatan, Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan.

Di ganda campuran juara Malaysia Open Superseries Premier 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga berstatus unggulan ketiga. Semetara peraih medali emas Olimpiade 2012 Zhang Nan/Zhao Yunlei teratas di nomor ini. Mereka kemudian diikuti pasangan Korsel sekaligus juara Singapore Open Superseries 2016, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na, sebagai unggulan kedua. Sementara juara Jepang Open Superseries 2015 asal Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen menjadi unggulan keempat.

Satu lagi pemain Indonesia yang mewakili sektor ganda campuran ialah Praveen Jordan/Debby Susanto. Praveen/Debby saat ini menjadi pemain ranking kelima dunia. Sementara itu, pemain Malaysia, Lee Chong Wei dan Spanyol, Carolina Marin masing-masing menjadi unggulan teratas di sektor tunggal putra dan tunggal putri. Di sektor tunggal memiliki 13 daftar unggulan.

Di tunggal putra nama Chong Wei disusul Chen Long (2), Lin Dan (3), Viktor Axelsen (4), Jan Jorgensen (5), Chou Tien Chen (6), Tommy Sugiarto (7), Son Wan Ho (8), Srikanth Kidambi (9), Hong Kong Hu Yun (10), Ng Ka Long (11), Marc Zwiebler (12), dan Rajiv Ouseph (13).

Di tunggal putri setelah Marin diikuti dua pemain Tiongkok, Wang Yihan (2) dan juara bertahan Olimpiade, Li Xuerui (3). Selanjutnya ada Ratchanok Intanon (4), Saina Nehwal (5), Nozomi Okuhara (6), Sung Ji Hyun (7), Tai Tzu Ying (8), PV Sindhu (9), Akane Yamaguchi (10), Kirsty Gilmour (11), Porntip Buranaprasetsuk (12), dan Bae Yeon Ju (13). Sementara tunggal putri Indonesia, Linda Wenifanetri, tidak termasuk dalam daftar unggulan karena berada di peringkat ke-25 dunia.

Sektor tunggal putra yang terdiri dari 41 pemain akan dibagi menjadi 13 grup. Di tunggal putri, sebanyak 40 pemain dibagi menjadi 13 grup. Masing-masing grup akan memiliki satu pemain unggulan. Sementara di sektor ganda dibagi menjadi empat grup yang terdiri dari empat pasang pemain dengan masing-masing grup akan diisi sepasang pemain unggulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya