Olahraga Tepat untuk Usia Kehamilan Trisemester Kedua
Foto ilustrasi: Yoga (Bluntmoms)

Solopos.com, SOLO-Selain menjaga asupan makanan, ibu hamil pun harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga.  Namun tak sedikit wanita hamil merasa bingung saat menentukan olahraga yang paling tepat. Hal ini karena jenis olahraga wanita hamil harus disesuaikan dengan usia kehamilan mereka

Dikutip dari laman Healthline dan ditulis liputan6.com, belum lama ini,  berikut beberapa olahraga yang cocok dilakukan oleh ibu hamil saat memasuki trimester kedua kehamilan.

Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk ibu hamil. Berjalan kaki bagi ibu hamil bagus untuk melatih otot kaki dan melancarkan peredaran darah. Tapi, ketika tubuh mulai merasa lelah dan detak jantung semakin cepat, ambillah jeda sejenak. Saat detak jantung mulai normal, ibu hamil boleh melanjutkan jalan kaki lagi.

Yoga

Olahraga yang melibatkan fokus pernapasan dan kelenturan tubuh ini bisa dilakukan untuk semua trimester kehamilan. Ibu hamil yang melakukan yoga sejak trimester pertama akan merasakan manfaat seperti lebih tenang dan mudah mengoordinasi diri.

Berenang, aerobik air

Berenang juga bisa dijadikan olahraga pilihan ibu hamil karena tak melibatkan gerakan mengentak sehingga aman bagi kandungan. Pastikan ibu hamil melakukan pemanasan sebelum berenang. Kelas aerobik air juga bagus untuk kehamilan karena berfungsi melatih kardio.

Jogging

Ibu hamil trimester kedua sebaiknya tidak berlari terlalu kencang karena perut mulai membesar. Jogging kecil dan singkat bisa dilakukan sesuai kemampuan. Jogging selama 10 menit hingga 20 menit cukup untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga selama hamil penting dilakukan agar kandungan kuat dan ibu serta janin juga sehat.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom