SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA– Pengelola hotel dan penginapan memroyeksikan tingkat hunian kamar atau okupansi menjelang akhir tahun hingga tahun baru bisa mencapai 90%–100% di tengah daya beli masyarakat yang masih terjaga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah hotel di daerah bahkan telah mempersiapkan paket khusus agar kunjungan tamu pada akhir tahun bisa mencapai puncak.

Andre Massie, Director of Sales Kalicaa Villa Tanjung Lesung, mengatakan pesanan kamar untuk akhir tahun akan mulai terlihat pada November.

“Pada tahun lalu okupansi kami bisa mencapai 100% saat perayaan tahun baru. Kami melihat kesempatan itu tetap ada pada penghujung 2012,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (14/10).

Menurutnya, tingkat pemesanan kamar di villanya saat ini baru mencapai 50%, dan berpotensi terus meningkat.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia sebelumnya mencatat tingkat hunian hotel di Indonesia sampai semester I tahun ini mencapai 65 dengan tarif kamar yang paling diminati berkisar Rp500.000–Rp 650.000

Suparman, Sales & Marketing Manager Hotel Madani Medan, mengatakan pihaknya sudah merancang sejumlah program, seperti memberikan tarif khusus untuk mengerek okupansi.

“Kami memrediksikan okupansi akan terus naik mulai dari libur Iduladha hingga akhir tahun. Prediksinya, okupansi bisa mencapai 100%,” katanya.

Dia mengatakan tamu yang menginap di Madani Hotel antara lain wisatawan domestik dari Jakarta, Banda Aceh dan wisatawan mancanegara dari Malaysia.

Hotel Madani memiliki kamar sebanyak 173 unit dengan okupansi rata-rata bulanan berkisar antara 60%–80%.

Suparman mengatakan hotelnya yang mengembangkan konsep Islami menjadi daya tarik bagi tamu.

“Kami optimistis bisnis hotel akan tumbuh lebih bagus pada tahun ini,” ujarnya.

Selain okupansi kamar, dia memperkirakan pertumbuhan bisnis hotel pada akhir tahun juga akan ditopang oleh paket meeting, incentives, conferences, and exhibitions (MICE).

Menurutnya, hotel bisa memanfaatkan agenda kalangan pemerintahan biasanya akan menggelar pertemuan dan rapat pada akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya