Oktober, 95% Warga Klaten Ditarget Jadi Peserta JKN-KIS

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten menargetkan minimal 95% warga Kabupaten Bersinar sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada Oktober 2019 mendatang.

Koordinasi finalisasi data menuju Kabupaten Klaten Universal Health Coverage (UHC) 2019 itu digelar di Pendopo Pemkab Klaten diikuti ratusan peserta, Senin (29/7/2019). Selama koordinasi digelar, peserta mengenakan kaus berwarna merah bergambar Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten menggandeng BPJS Kesehatan Boyolali itu untuk koordinasi mengejar target capaian peserta JKN-KIS sebesar 95 persen dari total jumlah penduduk.

Koordinasi diikuti ratusan peserta perwakilan 401 desa/kelurahan di Kabupaten Bersinar. Selain pemerintah desa/kelurahan, kegiatan itu juga diikuti unsur pemerintah kecamatan, perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD), serta rumah sakit.

Para peserta yang memenuhi hampir seluruh kursi itu memerahkan pendapa. Mereka mengenakan kaus merah menutupi seragam khaki mereka. Kaus itu berlogo Pemkab Klaten dan BPJS Kesehatan serta bertuliskan “Mengapa Saya Harus Menjadi Peserta JKN-KIS?” di bagian depannya.

Sementara bagian belakang kaus bergambar Sri Mulyani dengan tulisan #2019KlatenUHC. Pelaksana Harian (Plh) Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Klaten, Nurcholis Arif Budiman, mengatakan kaus itu diberikan panitia kepada peserta koordinasi.

Tujuannya, para peserta bersemangat membantu mencapai target peserta JKN-KIS minimal 95 persen hingga Oktober. Nurcholis menegaskan kaus yang dikenakan peserta tak ada hubungannya dengan hajatan Pilkada Klaten 2020 mendatang.

“Kaus untuk peserta ini guna mendukung komitmen Pemkab. Ibu Bupati sudah menargetkan tahun ini berhasil. Jadinya untuk penyemangat bagi mereka. Tidak ada kaitannya dengan [Pilkada] 2020,” kata Nurcholis saat ditemui wartawan seusai kegiatan.

Sebagai informasi, Pilkada Klaten direncanakan digelar pada September 2020 mendatang. Sebelumnya, Sri Mulyani menyatakan siap maju sebagai calon bupati selama mendapatkan dukungan penuh dari partai politik (parpol) dan masyarakat di Kabupaten Bersinar.

Nurcholis mengatakan mengejar target kepesertaan JKN-KIS itu juga untuk mendukung program nasional. Ada sejumlah manfaat jika capaian UHC Klaten terpenuhi dengan minimal kepesertaan JKN-KIS 95 persen dari total jumlah penduduk.

Salah satu manfaat yakni memudahkan masyarakat untuk menerima pelayanan kesehatan. Setelah capaian UHC terpenuhi, peserta baru JKN-KIS tak perlu menunggu hingga 14 hari untuk mengakses pelayanan kesehatan.

“Ketika peserta JKN-KIS dari mandiri itu mendaftar, mereka langsung bisa mengaktifkan setelah mendaftar. Selain itu, pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas kualitasnya bakal meningkat,” kata Nurcholis.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sasaran Vaksinasi Covid-19 Sukoharjo Diperluas Ke Ponpes, Jukir, Hingga Sopir Angkot

Pemkab Sukoharjo menggandeng berbagai pihak untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi Covid-19 yakni 70% warga sasaran.

Lirik Lagu Sticker - NCT 127

Berikut ini lirik lagu Sticker dari NCT 127, yang baru saja dirilis pada Jumat, 17 September 2021 di Youtube dan trending.

Unik, 200 Santri Ponpes Ini Menyatu dengan Alam dan Memelihara Hutan

Salah satu alasan pemilihan ponpes itu di tengah kawasan hutan yakni menyelaraskan diri dengan alam.

PSG Menang Dramatis atas Lyon, Messi Belum Bertaji

Gol Mauro Icardi mengantarkan Paris Saint-Germain memetik kemenangan dramatis 2-1 atas Olympique Lyon.

Teka-Teki Pria Meninggal Saat Live TikTok di Jatinegara

Polisi enggan menyimpulkan apakah minuman keras dan obat-obatan tersebut ada kaitannya dengan peristiwa kematian korban.

PM Spanyol Tunda ke Acara PBB Gara-Gara Gunung Meletus

Kepala wilayah Canaries, Angel Victor Torres, menyebut wilayah di Gunung Cumbre Vieja sangat jarang ditinggali penduduk.

Chelsea ke Puncak Klasemen Seusai Bekuk Tottenham, Tuchel Girang

Chelsea bermain apik sangat menundukkan Tottenham Hotspur 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di London.

Satpol PP Sukoharjo Gencar Patroli Prokes Selama PPKM Level 3, Begini Hasilnya

Petugas Satpol PP Sukoharjo tetap gencar melakukan patroli protokol kesehatan atau prokes di berbagai penjuru wilayah selama PPKM level 3.

PDIP Sragen Sumbang 10.000 Vaksin Covid-19 untuk Warga, Bupati Ikut Nyuntik

DPC PDIP Sragen menyumbang 10.000 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat yang didanai dari semua anggota FPDIP di DPRD.

Warga Gempol Klaten Raup Jutaan Rupiah dari Usaha Maggot, Masalah Sampah Pun Kelar

Warga Desa Gempol, Karanganom, Klaten, tak hanya meraup untuk menjanjikan dari usaha budidaya maggot tapi juga menyelesaikan masalah sampah.

Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Seratusan warga empat RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar mendapatkan bantuan Rp5 juta.

Irjen Napoleon Disebut Lumuri Tubuh Muhammad Kece dengan Kotoran

Napoleon menyebut perbuatan Muhammad Kece sangat membahayakan persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Wow, Desa Tawangsari Boyolali Jadi Rujukan Studi Banding

Skala prioritas utama program pembangunan Desa Tawangsari berdasarkan kehendak rakyat.

Bantu Luluskan PKH, Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar Dapat Tambahan Modal Rp20 Juta

Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar yang beranggotakan para penerima bantuan PKH mendapat tambahan modal untuk pengembangan usaha.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Operasi Patuh Candi Boyolali Dimulai Senin, Pelanggar Prokes dan Lalu Lintas Jadi Sasaran

Polres Boyolali siap menggeber Operasi Patuh Candi 2021 dengan sasaran pelanggaran protokol kesehatan dan aturan lalu lintas.