SOLOPOS.COM - Pengungsi Rohingya meninggalkan tempat penampungan darurat di Cox's Bazar Bangladesh yang dilanda banjir saat hujan lebat, Selasa (19/9/2017). (JIBI/Solopos/Reuters/Mohammad Ponir Hossain)

Indonesia dan OKI mengeluarkan komunike terkait Rohingya.

Solopos.com, NEW YORK — Indonesia dan negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) sepakat untuk mengeluarkan komunike atau pengumuman bersama agar Myanmar segera menghentikan kekerasan terhadap warga Rohingya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jadi tadi negara-negara OKI sepakat untuk mengeluarkan komunike bersama mendesak Myanmar segera menghentikan kekerasan,” kata Wakil Presiden (Wapres) M. Jusuf Kalla usai mengikuti pertemuan tertutup negara-negara anggota OKI di sela-sela sidang tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Selasa (19/9/2017).

Wapres menjelaskan OKI maupun PBB hanya bisa memberikan tekanan politik kepada Myanmar untuk segera menghentikan kekerasan terhadap Rohingya. Dalam pertemuan tertutup tersebut, tambah Kalla, negara-negara OKI juga sepakat secara bersama-sama membantu Rohingya dari sisi kemanusian dengan memberikan bantuan.

“Kita [OKI] sepakat bersama-sama membantu para pengungsi Rohingya dan tentu Indonesia punya peran karena hanya kita yang diperbolehkan oleh pemerintah Myanmar,” kata Wapres.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia telah menawarkan formula 4+1 untuk Rakhine State. Formula 4+1 tersebut meliputi:

(i) mengembalikan stabilitas dan keamanan
(ii) menahan diri secara maksimal dan tidak menggunakan kekerasan
(iii) perlindungan kepada semua orang yang berada di Rakhine State, tanpa memandang suku dan agama
(iv) pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan kemanusiaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya