SOLOPOS.COM - Sejoli mesum di Kebun Teh Kemuning Karanganyar. (Instagram/@visitsurakarta)

Solopos.com, KARANGANYAR – Kawasan wisata di sekitar Kebun Teh Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Ngargoyoso, Jawa Tengah, dipasangi CCTV. Pemerintah Desa Kemuning mengatakan ada empat unit kamera CCTV yang dipasang di sejumlah lokasi.

Kepala Desa Kemuning, Widadi Nur Widyoko, menyampaikan empat CCTV itu dipasang di area Terminal Kemuning, lingkungan RW 001, lingkungan RW 003, dan kebun teh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di Kemuning ada beberapa kamera CCTV. Ada empat CCTV. Itu terpasang di beberapa titik, seperti Terminal Kemuning, RW 003, di kebun teh, dan RW 001. Kamera CCTV yang bisa berputar 360 derajat,” kata Yoko, sapaan akrabnya, saat dihubungi Solopos.com pada Senin (7/6/2021).

Baca juga: Video Sejoli Mesum di Kebun Teh Karanganyar Viral

Sebagai informasi, Pemerintah Desa Kemuning menjadi salah satu penerima program Kemendes PDTT bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia, yakni Smart Village Nusantara. Desa Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso menjadi salah satu desa percontohan Smart Village Nusantara di Indonesia.

Peresmian saat itu, Kamis (1/10/2020), dilakukan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi; dan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko.

“Pemasangan CCTV sejak launching program itu [Smart Village Nusantara]. Tetapi baru ada kejadian seperti ini ya kemarin [Minggu] itu. Hla anak-anak muda itu kenapa sih sebetulnya. Sembrono, kurang hati-hati. Saru lah,” ujar dia.

Baca juga: Ngeri! Dampak Tsunami Wonogiri Berpotensi Seperti Tsunami Aceh 2004

Yoko menyebut pemasangan CCTV di empat lokasi itu berkaitan dengan fungsi penguatan bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dia mencontohkan pemasangan CCTV di lingkungan RW 001, RW 003, Terminal Tawangmangu, dan Kebun Teh Kemuning.

“Tujuan utamanya kamtibmas agar lebih tertib. Bisa untuk memantau arus lalu lintas di sekitar Terminal Tawangmangu. Misalnya juga sekitar dua bulan lalu pernah ada kasus penjambretan dan lari ke sekitar Terminal Kemuning. Siapa tahu bisa terpantau kemana [pelaku] lari, berapa pelat nomor kendaraan,” tutur dia.

Baca juga: Kuliner Unik di Warung Miring Wonogiri: Mi Ayam Nampol & Es Asem Segar

Sejoli Mesum di Kebun Teh Kemuning

Salah satu kamera CCTV milik Pemerintah Desa Kemuning yang dipasang di area kebun teh malah menangkap adegan dua sejoli yang sedang bermesraan di antara pohon teh. Rekaman adegan tersebut direkam menggunakan kamera handphone oleh salah seorang yang saat itu sedang berada di dalam Command Center Desa Kemuning. Rekaman video tersebut lantas menjadi viral di media sosial.

Kamera CCTV yang dipasang di area kebun teh itu diletakkan pada tiang setinggi sembilan meter. Selain kamera CCTV, pada tiang tersebut juga terdapat pengeras suara, penarik sinyal internet, dan lain-lain.

“Sebetulnya di atas sudah sering diumumkan [di kawasan objek wisata]. Misal mengamen, minuman keras enggak boleh. Pengurus, pengelola objek wisata juga sudah menyampaikan kepada pengunjung melalui pengeras suara. Hla tapi ndelalah ada satu yang nekat.”

Baca juga: Pesona Desa Wisata Ketenger Banyumas, Serasa Piknik di Swiss dengan Kearifan Lokal

Seperti diberitakan sebelumnya, rekaman video dari kamera handphone beredar di media sosial. Isi rekaman adalah tayangan kamera CCTV di ruang Command Center Desa Kemuning.

Rekaman video memperlihatkan kamera CCTV di Kebun Teh Kemuning menangkap adegan dua sejoli sedang berbuat hal kurang pantas di tempat umum. Kejadian tersebut di salah satu area wisata kebun teh Kemuning pada Minggu (6/6/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya