Karyawan melintas di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bisnis-Nurul Hidayat)

Semarangpos.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jateng-DIY mengimbau masyarakat mulai memahami literasi pengelolaan keuangan. Pasalnya, belakangan hari ini berkembang modus-modus kejahatan investasi dan jasa pelunasan yang bisa menjadi ancaman bagi masyarakat yang ingin berinvestasi.

Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Martin Moses E. Hutabarat mengatakan pengelolaan keuangan perlu dilakukan melihat perkembangan zaman yang cepat. Saat ini, menurutnya, masih sedikit masyarakat yang memahami mengenai asuransi atau pengelolaan keuangan.

"Ini yang perlu ditingkatkan,” katanya dalam acara Literasi Perencanaan Keuangan Kepada Guru Ekonomi Tingkat SLTA Se-Jateng di SMA Nasional Karangturi, Semarang, belum lama ini, sebagaimana dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dalam keterangan tertulis, Senin (10/12/2018).

Lebih jauh, Martin, menerangkan jika sekarang ini terdapat modus investasi dan jasa pelunasan. Menurutnya modus ini menjadi ancaman bagi masyarakat yang ingin berinvestasi.

"Ada koperasi, ada juga yang menjual investasi emas lewat online, intinya menghimpun dana. Sudah banyak yang tertipu. Kami OJK ingin menyampaikan agar semuanya hati-hati terhadap modus ini,” katanya.

Lebih jauh, Martin menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak melakukan investasi. Misalnya, keuntungan yang ditawarkan tidak wajar. Contohnya keuntungan 10% tiap bulan, kata Martin, hal itu tidak wajar. Maka dari itu, sarannya, carilah produknya sesuai dengan kebutuhan.

"Memang kita perlu investasi, namun carilah lembaga yang diawasi dan diatur. Jadi kita bisa mengadu kalau ada kesalahan,” katanya.

Terkait kegiatan literasi yang diselenggarakan Bhinneka Life ini, Martin menilai perlu ditingkatkan. "Maka kami apresiasi terhadap Bhinneka Life yang mau menggelar kegiatan semacam ini,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten