SOLOPOS.COM - Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY Sumarjono. (BC/Pro)

Solopos.com, SEMARANG — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY terus mendorong percepatan transformasi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRD) di wilayahnya melalui penguatan permodalan dan konsolidasi untuk semakin berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal tersebut disampaikan Kepala OJK Regional 3 Jateng DIY, Sumarjono, saat acara Forum Pemegang Saham Pengendali (PSP) dan talkshow Peluang dan Tantangan Industri BPR/BPRS Pasca-Pengesahan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) di Semarang, Selasa (31/5/2023).

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

“Forum PSP BPR/BPRS yang dikukuhkan sejak 27 Februari 2020 inni merupakan Forum PSP pertama yang dibentuk di Indonesia. Pembentukan forum ini bertujuan sebagai wadah shaaring kondisi BPR, isu terkini, serta media peningkatan ketahanan permodalan BPR/BPRS, khususnya dalam rangka mendukung transformasi BPR,” kata Sumarjono dalam forum yang dihadiri 270 orang PSP BPR/BPRS se Jateng-DIY, termasuk Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono.

Lebih lanjut, Sumarjono menyampaikan UU P2SK telah membuka ruang bagi BPR/BPRS untuk bertransformasi lebih cepat, sehingga memungkinkan untuk melakukan kegiatan usaha hampir seperti bank umum. Kegiatan usaha itu antara lain dapat ikut serta dalam lalu lintas pembayaran, IPO, merger lintas provinsi dan sejumlah peluang bisnis lainnya.

UU P2SK juga telah mengubah kepanjangan BPR dari sebelumnya Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

Ketua Forum PSP Jawa Tengah dan DIY, Kristian Hardianto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya untuk dapat melaksanakan pertemuan maupun audiensi dengan para PSP secara bergantian ke depannya. Selanjutnya sesi talkshow menghadirkan narasumber Direktur Pengawasan OJK KR 3, Heru Prasetio; Direktur Departemen Pemeriksaan Khusus dan Pengawasan Perbankan Daerah OJK, Dani Surya; serta PSP BPR Modern Express, Sonny Waplau.

PSP BPR Modern Express, Sonny Waplau memberikan sharing tentang kisah sukses penggabungan BPR lintas provinsi. “Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para PSP untuk mengembangkan BPR/BPRS-nya sehingga semakin kuat dan kompetitif, serta dapat bertransformasi lebih cepat guna menunjang peningkatan perekonomian daerah,” kata Sonny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya