OJK Cabut Izin Usaha Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara, Kenapa?

OJK mencabut izin Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara yang beralamat di Medan, Sumatra Utara.

 Karyawan di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). (Bisnis-Abdullah Azzam)

SOLOPOS.COM - Karyawan di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). (Bisnis-Abdullah Azzam)

Solopos.com, JAKARTA Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mencabut izin Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara yang beralamat di Medan, Sumatra Utara. Pasca pencabutan izin, koperasi itu dilarang untuk melakukan kegiatan usaha.

Hal tersebut tercantum dalam pengumuman resmi OJK nomor PENG-52/NB.1/2021 tentang Pencabutan Izin Usaha Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara. Pencabutan izin dilakukan berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-53/KR.05/2021 tanggal 26 Juli 2021.

Baca Juga: Cuekin Gubernur Ganjar Saat Kunjungan ke Kendal, Mendagri Minta Maaf

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) I OJK Anggar Budhi Nuraini menjelaskan bahwa pencabutan izin usaha itu berlaku sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Dewan Komisioner OJK. Sejak saat itu, Koperasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah Madani Emas Nusantara tidak dapat lagi menjalankan layanan bisnisnya.

“Kantor Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara ditutup untuk umum dan dilarang melaksanakan kegiatan usaha sebagai lembaga keuangan mikro syariah,” tulis Anggar dalam pengumuman resmi yang dikutip Bisnis pada Jumat (30/7/2021).

Pengurus koperasi itu pun diminta melakukan rapat anggota untuk membubarkan badan hukum LKM Syariah dan membentuk tim likuidasi. Lalu, penyelesaian hak dan kewajiban Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara akan dilakukan oleh tim likuidasi, yang akan dibentuk sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: BPS Solo Survei Perilaku Masyarakat Masa Pandemi, Apa Dampaknya?

Anggar pun menjelaskan bahwa pengurus Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara dilarang untuk menggunakan frasa lembaga keuangan mikro syariah. Koperasi atau lembaga jasa keuangan dapat beroperasi dan menggunakan nama dengan frasa lembaga keuangan jika mengantongi izin dari OJK.

Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara beralamat di Jalan Kapten Muslim, Komplek Metro Bisnis Center Nomor 05, Kelurahan Sei Sikambing II, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Pengembang Geothermal Harus Punya 5 Prinsip Pengembangan Panas Bumi

PT Geo Dipa Energi (Persero) , sebagai BUMN mendorong seluruh pengembang Geothermal untuk memiliki 5 prinsip dasar pengembangan Panas Bumi di Indonesia.

Sebelum Beli Kripto, Belajar Dulu 10 Istilah Berikut Ini

Mampu menghasilkan keuntungan berlipat dalam jangka waktu yang relatif singkat menjadi alasan utama mengapa investasi kripto begitu diminati.

Teknologi Komunikasi 5G Mulai Menyebar, Apa Keuntungan Bagi Masyarakat?

5G akan memberikan dampak evolusi teknologi di platform dagang -el (e-commerce). Tampilan gambar barang yang awalnya dalam bentuk foto, nantinya bisa hadir dalam bentuk 3D. 

Undian Simpedes Berhadiah Mobilio dan Suzuki Carry, Ini Pemenangnya

BRI Kantor Cabang (KC) Solo Kartasura kembali menggelar, Panen Hadiah Simpedes Periode I Tahun 2021, di Aston Solo.

Gelombang 21 Kartu Prakerja Terakhir Tahun Ini, akan Ada Lagi Enggak Ya?

Kartu Prakerja gelombang 21 akan menjadi gelombang yang terakhir sesuai dengan alokasi anggaran tahun ini.

Suku Bunga Deposito Turun, Simpanan Dana di Bank Ikut Melambat

Bank Indonesia (BI) melaporkan pada Agustus 2021 terjadi perlambatan himpunan dana pihak ketiga (DPK) bank seiring dengan penurunan suku bunga simpanan.

Penyaluran KUR Capai Rp177,7 Triliun, Didominasi oleh Sektor Ini 

Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR sampai dengan awal September 2021 telah mencapai Rp177,7 triliun kepada 4,8 juta debitur atau 70 persen dari target nasional.

Citilink Jadi Maskapai Murah Terbaik Nomor Dua di Dunia Saat Pandemi Covid-19

Citilink meraih predikat 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating dari Skytrax, sebuah lembaga pemeringkat penerbangan global independen yang berbasis di Inggris.

Penerimaan Pajak 60,3 Persen Per Agustus, Yakin Bisa Capai Target?

Pemerintah memiliki waktu empat bulan untuk mengejar sisa hampir 40 persen pajak yang belum terkumpul.

XL Axiata Dorong Swasta Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan

XL Axiata mendorong pelaku dunia usaha swasta untuk meningkatkan pemberdayaan pekerja perempuan guna meminimalisasi dampak digitalisasi dan otomatisasi terhadap eksistensi mereka.

Modena Hadirkan Spin Mop Lustro SM 3201 L, Bersih-Bersih Rumah Tak Capek Lagi

Sebagai salah satu pemimpin pasar home appliances di Indonesia, Modena secara resmi hadirkan Spin Mop LustroSM 3201 L.

Amankan Sertifikasi Aset Tanah, PLN Gandeng KPK dan BPN

Aset tanah tersebut digunakan PLN untuk menunjang infrastruktur ketenagalistrikan bagi kepentingan masyarakat.

Hati-Hati, Penipuan Investasi Ilegal Masih Marak Via SMS dan Grup Perpesanan, Kenali Modusnya

Penipuan berkedok penawaran investasi kepada masyarakat melalui pesan singkat atau grup percakapan masih marak. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut menduplikasi dan mencatut atau mengatasnamakan penyelenggara fintech berizin untuk mengelabui masyarakat.

Saatnya Investasi, Harga Emas Antam Kamis 23 September 2021 Lagi Turun Hlo

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., hari ini Kamis (23/9/2021) terpantau turun dibandingkan harga kemarin.