SOLOPOS.COM - Leonardo DiCaprio menerima Oscar 2016 sebangai Aktor Terbaik, lewat perannya di The Revenant. Malam penganugerahan Oscar digelar di Hollywood AS, Minggu (28/2/2016) waktu AS atau Senin (29/2/2016) WIB. (JIBI/Solopos/Reuters/Mario Anzuoni)

Leonardo Dicaprio mengembalikan piala Oscar terkait kasus 1MDB yang tengah diselidiki  pemerintah AS.

Solopos.com, SOLO – Aktor kenamaan Leonardo Dicaprio mengembalikan piala Oscar yang diterimanya kepada pemerintah Amerika Serikat (AS). Piala yang dikembalikan ini adalah milik aktor legendaris Marlon Brando yang dihadiahkan kepadanya oleh perusahaan film, Red Granite.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengembalikan piala itu lantaran Red Granite dituding terlibat dalam penggelapan dana perusahaan investasi pelat merah, 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

“Dicaprio mengembalikan piala Oscar yang diberikan kepadanya berkat kerja kerasnya dalam The Wolf of Wall Street. Ia tak ingin terlibat masalah yang lebih rumit dengan menyimpan piala tersebut,” kata perwakilan Leonardo Dicaprio seperti dilansir Vanity Fair, Kamis (15/6/2017).

Sejak Oktober 2016, Dicaprio berjanji siap bekerjasama dalam penyelidikan itu dan bersedia mengembalikan semua hadiah yang diterimanya jika terjadi sengketa. Selama ini, 1MDB dikenal sebagai lembaga investasi yang didirikan pemerintah Malaysia untuk menyejahterakan rakyatnya.

Proses kerjanya 1MDB akan berinvestasi dalam sejumlah proyek di seluruh dunia yang keuntungannya akan dikembalikan kepada rakyat Malaysia. Namun, belakangan menurut Agen Federal Amerika Serikat, dana berjumlah fantastis itu justru dikorupsi untuk kepentingan pribadi segelintir orang.

Pada Juli 2016 lalu, Kementerian Kehakiman Amerika Serikat mnuding rumah produksi Red Granite yang dimiliki anak tiri perdana Menteri Najib Razak memakai dana USD100 juta senilai Rp1,3 triliun dari 1MDB untuk membiayai film The Wolf of Wall Street yang dibintangi Dicaprio pada 2013.

Selain itu, baru-baru ini pihak Kementerian Kehakiman juga menduga lukisan Pablo Picasso dan Jean Michel Basquiat yang dihadiahkan kepada Dicaprio juga dibeli dengan dana 1MDB. Bintang film Titanic itu mendapat lukisan tersebut di ulang tahunnya yang ke-38.

Kendati demikian, Dicaprio dipastikan tidak terlibat dalam kasus hukum tersebut. Ia mengembalikan semua hadiah itu sebagai bentuk profesionalisme sebagai artis. Ia tak ingin masalah tersebut membuat nama dan kariernya di industri hiburan yang telah membesarkan namanya hancur.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya