SOLOPOS.COM - Seorang pria terekam menyusup ke taman safari. (Istimewa/Shanghaiist)

Dua perempuan dan satu laki-laki nekat melompati pagar kebun binatang taman safari agar tak bayar tiket.

Solopos.com, CHANGSHA – Tiga orang yang terdiri dari dua perempuan dan satu laki-laki nekat menyusup ke kebun binatang taman safari Changsha Ecological Zoo di Kota Changsha, Tiongkok. Kalau tidak segera diamankan petugas kebun binatang, tiga orang tersebut terancam menjadi mangsa harimau.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Shanghaiist, Senin (12/6/2017), peristiwa penyusupan kebun binatang itu terjadi pada Sabtu (10/6/2017). Dua perempuan dan satu laki-laki melonggarkan celah di pagar pintu masuk kebun binatang untuk menghindari tiket masuk sebesar 42 Yuan atau setara dengan Rp82.000-an. Aksi mereka terekam kamera closed circuit television (CCTV).

Sebagai taman safari, kebun binatang itu mengharuskan pengunjung menaiki bus atau kendaraan pribadi saat mengelilingi kebun binatang. Oleh karena itu hewan-hewan di kebun binatang tersebut tidak dikandang dan pada momen tertentu akan dilepas dari zona tertutup ke zona terbuka.

Ketiga pelaku membobol pagar yang berdekatan dengan pagar pembatas zona harimau. Berdasarkan keterangan pekerja kebun binatang, kalau saja ketiga pelaku memanjat satu pagar lagi, mereka akan langsung masuk di zona harimau.

“Kalau saja ketiga pelaku tidak segera diamankan dan ada bus melintas di lokasi penyusupan, pagar yang membatasi zona harimau akan terbuka, saat itulah nyawa ketiga pelaku akan menjadi taruhan,” ungkap pekerja kebun binatang yang tak disebut namanya, seperti dikutip Shanghaiist.

Untungnya pengelola kebun binatang bergerak cepat. Tur bus taman safari dihentikan sementara, kemudian ketiga pelaku diamankan dan dibawa ke kantor polisi.

Kasus penyusupan kebun binatang untuk menghindari tiket kerap terjadi di Tiongkok. Pada Januari 2017, penyusupan berakhir tragis. Seorang pria  tewas setelah nekat menyusup ke Kebun Binatang Ningbo demi menghindari biaya tiket 130 Yuan atau sekitar Rp250.000-an.  Pria tersebut diserang sekawanan harimau, satu harimau harus dibunuh demi evakuasi pria penyusup tersebut.

Pada April 2017, penyusup kebun binatang dibantu warga sekitar dengan tangga kayu untuk melewati tembok kebun binatang. Penyusup diminta membayar 60 Yuan atau Rp117.000-an agar diberi akses tangga kayu. Biaya tersebut menghemat 40 Yuan atau Rp78.000-an karena tiket kebub binatang 100 Yuan atau Rp195.000-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya