SOLOPOS.COM - Salah satu warga yang dikarantina di Graha Wisata Niaga Solo, Kamis (9/4/2020). (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyebut rumah karantina Dalem Joyokusuman mulai digunakan oleh orang dalam pemantauan (ODP) yang menunjukkan gejala virus corona (Covid-19), Rabu (8/4/2020) malam.

Sementara ODP tanpa gejala dan pemudik diminta menjalani karantina di Graha Wisata Niaga. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis (9/4/2020) siang, sekitar 30 ODP tampak memanfaatkan fasilitas yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di Garha Wisata Niaga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setiap ODP mendapatkan sarana satu bed busa yang diletakkan di atas kasur lipat berikut lemari plastik susun. Hingga Kamis sekitar pukul 12.00, jumlah ODP corona pemudik yang menjalani karantina di Graha Wisata Niaga Solo berjumlah 30-an orang, sedangkan di Dalem Joyokusuman Solo berjumlah dua orang.

"Standar operasional prosedur (SOP) yang baru, semua pemudik ber-KTP Solo yang turun di Bandara Adi Soemarmo, Terminal Tirtonadi, dan Stasiun Balapan/Purwosari/Jebres wajib menjalani karantina di Graha Wisata Niaga. Begitu pula, ODP yang rumahnya tidak memungkinkan untuk karantina mandiri," kata Rudy saat inspeksi mendadak mendampingi Wakapolda Jawa Tengah (Jateng) Brigjen Pol Ahmad Lutfi di Grha Wisata Niaga, Kamis (9/4/2020).

Rudy mengatakan setiap hari seluruh ODP tersebut dicek kesehatannya. Apabila diketahui kesehatannya menurun, tim segera membawanya ke rumah sakit rujukan.

"Rumah karantina juga mengakomodasi mereka yang sudah berjanji karantina mandiri tapi malah jalan-jalan keluar, mereka langsung dibawa ke Graha Wisata Niaga, dijemput petugas Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Solo," ucapnya.

Anggaran operasional rumah karantina ODP corona termasuk dalam dana darurat yang disiapkan Pemkot Solo senilai Rp43 miliar. Dana senilai itu juga digunakan untuk pengadaan sembako jaring pengaman sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya