Obyek Wisata di Jogja Wajib Punya Standar Pengamanan Kebakaran

 Petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan api dan mengevaluasi korban dalam simulasi penanganan kebakaran di Taman Pintar, Rabu (19/4/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan api dan mengevaluasi korban dalam simulasi penanganan kebakaran di Taman Pintar, Rabu (19/4/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Kebakaran Kota Jogja meminta semua pengelola obyek wisata

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Kebakaran Kota Jogja meminta semua pengelola obyek wisata, penyedia jasa penginapan untuk melengkapi standar penanggulangan kebakaran sebagai syarat operasional bangunan dan obyek wisata.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebakaran Kota Jogja, Agus Winarto mengatakan belum semua obyek wisata dan penyedia jasa hotel menyediakan sistem penanggulangan kebakaran.

“Proteksi kebakaran penting dimiliki sebagai penanganan awal jika terjadi kebakaran,” kata Agus, disela-sela Simulasi Kebakaran di Obyek Wisata Taman Pintar, Rabu (19/4/2017).

Ia mengatakan ancaman kebakaran tidak hanya terjadi di rumah dan perkantoran, namun juga di obyek wisata. Maka, proteksi kebakaran penting dimiliki, mulai dari peralatan yang harus tersedia semacam alat pemadam kebakaran ringan (apar), hydrant, jalur evakuasi, sampai proses evakuasi wisatawan jika terjadi kebakaran.

Agus mengaku sebenarnya intansinya punya kewenangan memberikan sertifikat layak fungsi bangunan. Karena itu pihaknya selalu mengingatkan agar pemilik bangunan bisa menyediakan proteksi kebakaran.

“Kami terus cek ke hotel-hotel untuk memastikan ada alat proteksi kebakaran yang berfungsi dengan baik,” kata dia.

Sementara itu dalam simulasi kemarin, terdapat 250 personil yang terlibat mulai dari Dinas Kebakaran, Satpol PP, Dinas Kesehatan, kepolisian dan TNI. Agus mengatakan simulasi tersebut sebagai kesiapsiagaan jika terjadi bencana kebakaran di obyek wisata.

Simulasi diawali dengan suara dentuman dari petasan di atas gedung Oval Taman Pintar. Setelah ledakan disusul dengan kobaran api dan kepulan asap. Sejumlah petugas Taman Pintar berkali-kali memperingatkan kepada pengunjung untuk menuju titik kumpul melalui jalur efakuasi.

Tidak lama, tiga unit kendaraan pemadam dikerahkan termasuk kendaraan pemadam kebakaran bertangga setinggi 32 meter yang dapat menjangkau tinggi bangunan. Tangga tersebut juga dilengkapi dengan selang air dan kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV). “Gunanya untuk memantau kondisi dari atas gedung,” ujar Agus.

Simulasi kebakaran yang berlangsung sekitar satu jam ini berjalan lancar. Sementara itu, wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke Taman Pintar tidak kaget karena sudah ada pemberitahuan sebelumnya.

Agus menambahkan simulasi penanganan kebakaran di Taman Pintar ini sebagai standar operasional prosedur jika terjadi kebakaran di lokasi wisata lainnya di Kota Jogja.

Kepala UPT Taman Pintar, Afia Rosdiana mengatakan pihaknya sudah menyediakan 50 Apar di tiap sudut gedung, termasuk hydrant dan jalur evakuasi sebagai bentuk proteksi kebakaran mengingat sebagian besar semua alat operasional wisata Taman Pintar dari instalasi listrik. Hanya pihaknya memang belum memiliki titik kumpul yang luas.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Ini Sejumlah Tradisi Lama di Gunung Lawu yang Masih Dilaksanakan

      Masyarakat di lereng Gunung Lawu masih melestarikan sejumlah tradisi ritual lama yang diwariskan oleh leluhur.

      Persis Solo Kehilangan 4 Pilar Jelang Hadapi Persita, Siapa Saja?

      4 Pilar Persis Solo tak bisa diturunkan saat menghadapi Persita Nanti karena cedera.

      Baru Muncul ke Publik, Istri Mas Bechi Ternyata Habis Melahirkan

      Durottun Mahsunnah, istri Mas Bechi, terdakwa kasus pencabulan santriwati di Jombang, mengaku baru bisa muncul di depan publik karena baru saja melahirkan anak keempat.

      Sempat Buron, Pembunuh Siswa SD di Kelas Berhasil Ditangkap

      Tersangka pembunuh siswa SD itu ditangkap di kawasan Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Jumat malam (12/8/2022).

      Kalah dari Persib Bandung, Begini Komentar Pelatih PSIS Semarang

      Pelatih PSIS Semarang, Sergio Alexandre, menilai pemainnya sudah tampil bagus meski kalah dari Persib Bandung dengan skor 1-2 pada laga di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu (13/8/2022).

      Pengumuman Penting! CFS Wonogiri 14 Agustus 2022 Ditiadakan

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memutuskan untuk sementara waktu meniadakan car free sunday (CFS), Minggu (14/8/2022).

      Seorang Lansia di Grobogan Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai

      Seorang pria lansia ditemukan meninggal di pinggir sungai di Dusun Buduran, Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Grobogan.

      Bawaslu Jateng Surati Gubernur, Pangdam, dan Kapolda, Ada Apa?

      Bawaslu Jateng menyurati Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, dan Pangdam IV Diponegoro agar mengingatkan jajarannya untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

      Solo Batik Carnival Bakal Kembali Digelar, Kali Ini di 2 Dunia

      Solo Batik Carnival (SBC) akan kembali digelar di Kota Solo setelah dua tahun terhenti. SBC kali ke-13 ini akan digelar pula di dunia maya melalui aplikasi Kotamaya.

      Terancam Penjara 4 Tahun, Ini Pasal yang Bisa Menjerat Putri Sambo

      Jika terbukti memberikan laporan palsu, Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo terancam hukuman empat tahun penjara.

      Toyota Hadirkan Mobil Konsel LF-Z Electrified di Ajang GIIAS 2022

      Ajang GIIAS 2022, Toyota membawa kendaraan konsep LF-Z Electrified Concept dan Asia Premiere of The All New Lexus RX.

      Gol Throw In Dewangga Dianulir, Persib Bandung Raih Kemenangan Perdana

      Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan perdana pada Liga 1 musim 2022/2023 setelah menundukkan PSIS Semarang dengan skor 2-1.

      Saat Dituduh Melecehkan, Brigadir J Berada di Luar Rumah Ferdy Sambo

      Semua saksi yang diperiksa Bareskrim menyatakan Brigadir J tidak berada di dalam rumah Ferdy Sambo di Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan, sebelum kejadian.

      Persis Solo Vs Persita: (Masih) Menanti Pembuktian Jacksen Tiago

      Pelatih Persis Solo, Jacksen Fereirra Tiago, sebelum laga menyampaikan dengan kehadiran dua pemain asing baru yakni Fernando Rodriguez dan Ryo Matsumura diharapkan dapat membantu persiapan tim.

      Jessica Iskandar Kenang Momen Beli Mobil Mewah

      Jessica Iskandar mengenang momen saat dirinya membeli mobil mewah.