SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo akan menulis buku dan menjadi dosen setelah lengser dari jabatannya yang berakhir12 Februari 2019.

“Bukunya tentang strategi marketing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Jatim dan berdasar pengalaman selama ini,” ujarnya ditemui seusai silaturahim dan malam purna tugas di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (11/2/2019) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan catatan, buku tersebut merupakan karya ke-8 Pakde Karwo, panggilan akrab  Soekarwo, yang telah meluncurkan tujuh judul buku yang ditulis sebelum-sebelumnya.

Terakhir, buku mengenai liberalisasi ekonomi berjudul Berkaca dari Kegagalan Liberalisasi Ekonomi yang menganalisis dampak akibat globalisasi telah diluncurkan pada Oktober 2018.

Pada buku tersebut, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga menyampaikan pesan atas kebijakan kepemimpinannya yang bersifat induktif.

Birokrat yang juga politikus itu berharap buku yang ditulisnya dapat mamberikan makna dan merupakan pertanggungjawaban pribadinya sebagai pemimpin yang diperintah konstitusi serta menjadi bentuk aktualisasi pribadi dalam menyikapi liberalisasi.

“Sekaligus mampu memperkuat pembangunan ekonomi dengan basis UMKM yang merupakan pondasi dalam membangun ekonomi untuk memajukan kesejahteraan umum dan berkeadilan,” ucapnya.

Pakde Karwo juga mengaku mendapatkan tawaran mengajar tentang ilmu ekonomi makro di salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya.

“Saya ditemui rektor untuk mengajar, dan saya sudah mengiyakan,” katanya tanpa menyebut nama universitas dengan alasan belum menerima surat keputusan mengajar.

Tak itu saja, mantan Sekdaprov Jatim tersebut juga telah diminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengajar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

“Saya pernah usul yang diajarkan di lapangan, kemudian disuruh Pak Menteri mengajar reformasi birokrasi, kemudian tentang pemerintahan,” katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya