Objek Wisata Wonogiri Masih Tutup Pada Hari Kedua Lebaran, Sampai Kapan?
Suasana pintu masuk Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Senin (25/5/2020).

Solopos.com, WONOGIRI — Objek wisata di Wonogiri termasuk di kawasan Waduk Gajah Mungkur atau WGM masih tutup pada hari kedua Lebaran, Senin (25/5/2020). Belum dipastikan kapan objek wisata tersebut bakal dibuka kembali.

Objek wisata WGM Wonogiri ditutup dimulai sejak 16 Maret 2020 lalu karena pandemi Covid-19. Lebaran biasanya menjadi momentum bagi masyarakat untuk berpiknik.

Begitu juga bagi pengelola objek wisata, Lebaran merupakan momentum untuk meraup pendapatan dari penjualan tiket masuk pengunjung. Namun, Lebaran kali ini semua itu harus direlakan demi keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Lalu Lintas Jalan Sepi Tapi Jumlah Pemudik di Sragen Terus Meningkat, Kok Bisa?

Ada tujuh  objek wisata di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga atau Dispora Wonogiri yang tutup pada lebaran ini. Ketujuhnya yakni WGM, Museum Karst, Desa Wisata Sendang Pinilih, Air Terjun Girimanik, Goa Putri Kencono, Khayangan dan Pantai Sembukan.

Tempat wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan perseorangan juga belum dibuka. Hal itu berdasarkan instruksi dari Dispora Wonogiri.

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi masyarakat pasca-Lebaran biasanya adalah WGM. Pantauan Solopos.com, Senin, pintu gerbang masuk WGM masih terkunci. Kondisinya juga sepi.

Dituding Tak Becus karena Defisit APBN 2020 Membengkak, Ini Pembelaan Sri Mulyani

Sekretaris Dispora Wonogiri, Teguh Widodo, mengatakan WGM merupakan objek wisata unggulan sebagai penyumpang pendapatan terbanyak dari sektor wisata, terlebih saat Lebaran.

Wisatawan Luar Daerah

Meskipun demikian, penutupan tempat wisata WGM masih diberlakukan sesuai regulasi yang ada. Pada momentum Lebaran, kondisi WGM saat ini jauh berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu, hari kedua Lebaran kendaraan yang mengantre masuk ke WGM padat merayap.

Wisatawan tidak hanya dari Wonogiri, tetapi juga dari luar daerah. “Kami kira masyarakat juga menyadari di tengah pandemi Covid-19, mereka tidak diperkenankan melakukan aktivitas yang menyebabkan kerumunan,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Pembatasan Dicabut, Jalan Lawu Karanganyar Dibuka Total Mulai Selasa

Hingga saat ini, menurut dia, Dispora masih menunggu regulasi atau kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Kementerian Pariwisata terkait dibolehkannya membuka tempat wisata.

Belum bisa dipastikan kapan tempat wisata di Wonogiri akan dibuka kembali. “Beberapa waktu lalu pedagang di WGM bertanya kepada kami kapan tempat wisata akan dibuka kembali. Kami beri pemahaman bahwa sektor pariwisata akan beroperasi kembali ketika ada regulasi dan peraturan,” kata dia.

Tidak hanya tempat wisata, fasilitas yang dimiliki Dispora seperti gedung olahraga dan fasilitas persewaan lainnya masih ditutup.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho